Bebas Ganjil Genap, Seberapa Realistis Mudik Pakai Mobil Listrik?

Kompas.com - 20/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan berpenggerak motor listrik mejadi salah satu jenis transportasi yang dikecualikan dari aturan satu jalur alias one way dan ganjil genap di berbagai ruas tol, selama periode mudik Lebaran 2022.

Hal tersebut dikatakan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi usai perumusan rekayasa arus lalu lintas bersama Kementerian Perhubungan dan pihak terkait supaya mudik lancar serta nyaman.

Meskipun, secara konteks agak sulit melawan arus kendaraan saat dekresi one way dilakukan, pengguna mobil listrik akan berpotensi alami kecelakaan. Paling masuk akal, bebas ganjil genap bisa dinikmati para pengguna mobil listrik untuk mudik.

Seiring dengannya, PT PLN (Persero) pun sudah menyiapkan 257 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) alias charging station yang tersebar ke-92 lokasi di 46 kota Indonesia.

Lantas, seberapa realistis menggunakan mobil listrik untuk mudik Lebaran tahun ini?

Baca juga: Polda Metro Memastikan Tanpa Tilang Ganjil Genap Selama Mudik 2022

Lexus UX300eKOMPAS.com/ADITYO WISNU Lexus UX300e

Untuk menjawab hal tersebut tim redaksi Kompas.com sudah mencoba menggunakan salah satu mobil listrik murni yang sudah dipasarkan, yaitu Lexus UX 300e dengan rute DKI Jakarta-Yogyakarta (587 kilometer).

Sebelum berangkat, mobil diisi dayanya sampai penuh dahulu agar dapat menempuh jarak 300-an kilometer sekaligus. Sebab, UX 300e ini dibekali baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh dengan daya jelajah 347 km.

Kemudian, tekanan udara pada ban mobil juga disesuaikan kembali yaitu 35psi sebagaimana rekomendasi pabrikan, supaya menghindari hal-hal yang tak diinginkan ketika perjalanan.

Namun, karena jarak ketersediaan SPKLU di tol cukup jauh dan tidak semua support model Chademoo, kami lantas membagi perjalanan dengan tiga etape yaitu Cirebon, Semarang, dan Yogyakarta.

Baca juga: Pengamanan Mudik, Dirlantas Polda Metro Jaya Cek Jalur Arteri Pantura

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Adapun SPKLU yang tersedia di ruas tol Jakarta-Yogyakarta ialah di rest area Tol Palikanci (Km 207A) dan rest area Tol Semarang - Batang (Km 379A. Informasi ini bisa Anda diperoleh lewat aplikasi Charge.In milik PLN.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.