Fenomena Kejahatan Pembiayaan Kendaraan Bermotor Jelang Lebaran

Kompas.com - 20/04/2022, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sempat dilarang pemerintah, tahun ini masyarakat bisa merasakan kembali Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Mudik yang dinanti-nanti membawa berkah bagi beragam sektor industri, termasuk pembiayaan kendaraan bermotor.

Meski begitu, ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang mencari celah dalam momen sekali setahun ini. Seperti fenomena membawa kabur kendaraan keluar kota ataupun melakukan kecurangan saat mencicil.

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

Cara bayar Adira Finance lewat LinkAja secara mudah dan praktis tanpa harus keluar rumahKontan/Baihaki Cara bayar Adira Finance lewat LinkAja secara mudah dan praktis tanpa harus keluar rumah

Harry Latif, Direktur Portofolio PT Adira Dinamika Multi Finance, mengakui masih ada kasus penggelapan kredit jelang Lebaran.

“Jadi kalau ngomong ada penggelapan atau tidak, tetap ada. Hanya tergantung dari masing-masing finance company ini cara analisanya bagaimana, cara approach-nya bagaimana,” ujar Harry, kepada Kompas.com (19/4/2022).

Menurutnya, kasus penggelapan kredit sempat ramai pada masa sebelum Covid-19. Atau puncaknya sekitar 5-6 tahun yang lalu, di mana perusahaan pembiayaan banyak memberikan program down payment rendah.

Baca juga: Ingat, Ini Fungsi dari Marka Chevron di Jalan Tol

“Misal di motor, DP hanya Rp 500.000, terus dapat TV 20 inci seharga Rp 400.000, jadi dia hanya bayar Rp 100.000. Jadi dia bawa motor ke kampungnya, dipakai ojek online tiga bulan, setelah itu ditarik,” ucap Harry.

“Tapi itu menurut saya karena analisa customer-nya kurang detail, approval-nya kurang bagus, kemudian programnya terlalu agresif, yang akhirnya membuat customer yang tadinya tidak kepikiran, jadi kepikiran untuk berbuat hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Harry juga mengatakan, kasus penggelapan kredit seperti ini sebetulnya bisa diminimalisir dengan melakukan survei dan analisa konsumen yang baik.

Baca juga: Arus Mudik Lebaran 2022 Bakal Padat, Ini Trik Hemat BBM Saat Macet

Kendaraan pemudik dengan sepeda motor melintas pada puncak arus balik di jalan nasional Medan-Aceh kawasan Lhokseumawe, Aceh, Minggu (9/6/2019). Puncak arus balik Lebaran 2019 Aceh terjadi pada H+5 menyusul volume kendaraan yang melintas didominasi pemudik.ANTARA FOTO/RAHMAD Kendaraan pemudik dengan sepeda motor melintas pada puncak arus balik di jalan nasional Medan-Aceh kawasan Lhokseumawe, Aceh, Minggu (9/6/2019). Puncak arus balik Lebaran 2019 Aceh terjadi pada H+5 menyusul volume kendaraan yang melintas didominasi pemudik.

“Contohnya seperti di IIMS kemarin, kami kan bunga 1,7 persen, itu bikin customer bisa menghitung. Saya cicilan tiga tahun mampu enggak nih, atau lima tahun mampu tidak,” ucap Harry.

“Di Adira Finance melakukan seperti itu. Dengan down payment yang normal 20 persen. So far alhamdulilah customer-nya baik,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.