Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 7-Seater

Kompas.com - 19/04/2022, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Mobil low cost green car (LCGC) masih menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Mobil LCGC hanya membutuhkan bahan bakar yang lebih sedikit dari kendaraan lainnya. Oleh karena itu, mobil LCGC diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan. Rata-rata, setiap unit LCGC menghabiskan BBM mulai dari 14 kpl hingga 20 kpl.

Memiliki harga yang lebih murah membuat mobil LCGC tidak pernah sepi peminat. Ada banyak pilihan merek mobil LCGC yang membuat kendaraan ini lebih bervariatif.

Baca juga: Toyota Siapkan Transmisi Manual buat GR Supra

Bagi yang berminat untuk mudik ke Semarang melalui tol Jakarta-Semarang dengan jumlah penumpang banyak, tidak ada salahnya menggunakan mobil LCGC 7 seater.

Berikut estimasi biaya untuk bahan bakar yang terpakai selama perjalanan mudik menggunakan mobil LCGC 7 seater.

Berdasarkan perbandingan dilakukan oleh Kompas.com terhadap beberapa jenis LCGC 7 seater yakni Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca.

Rata-rata BBM yang dikonsumsi yakni 13 kpl - 18 kpl untuk perjalanan dalam kota. Sedangkan untuk kondisi jalan dengan arus lalu lintasnya lebih lancar 19 kpl - 28 kpl.

Cek tarif tol Jakarta Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022 KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Cek tarif tol Jakarta Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022

Selama mudik, diprediksi arus lalu lintas akan padat sehingga konsumsi BBM melalui jalan tol meningkat. Tol Jakarta - Semarang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang memiliki panjang jalan kurang lebih 446 kilometer.

Sementara itu, kapasitas tangki bahan bakar mobil segmen LCGC 7 seater berada di kisaran 36 liter. Mengacu pada harga bahan bakar Pertamax per April 2022 Rp 12.500 per liter, maka pengisian bahan bakar full tank adalah sebesar Rp 450.000.

Baca juga: Mudik Pakai Motor Matik, Ini Cara Cegah Rem Blong saat Lewat Turunan

Untuk penggunaan bahan bakar Pertalite per April 2022 adalah Rp 7.650 per liter.Jika pengisian bahan bakar full tank, maka akan menghabiskan biaya sekitar Rp 275.400.

Berikut adalah rincian biaya Tol Trans Jawa, rute Jakarta - Semarang untuk Golongan I, dikutip dari laman Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT):

  • Tol Jakarta - Cikampek: Rp 20.000
  • Tol Cikopo - Palimanan: Rp 107.500
  • Tol Palimanan - Kanci: Rp 12.500
  • Tol Kanci- Pejagan: Rp 29.500
  • Tol Pejagan - Pemalang: Rp 60.000
  • Tol Pemalang - Batang: Rp 45.000
  • Tol Batang - Semarang (Kalikangkung): Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.500

Jika ditotal tarif keseluruhan rute Jakarta - Semarang yang harus disiapkan untuk kartu tol adalah Rp 366.000.

Ditambah dengan konsumsi BBM Pertamax, estimasi total biaya yang harus disiapkan adalah Rp 816.000, atau Rp 641.400 untuk BBM Pertalite.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com