Mudik Pakai Motor Matik, Ini Cara Cegah Rem Blong saat Lewat Turunan

Kompas.com - 19/04/2022, 17:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah memperbolehkan mudik Lebaran 2022. Jutaan pemudik diperkirakan bakal memenuhi jalan untuk menuju kampung halaman.

Selain mobil, bus, dan moda transportasi lainnya, sepeda motor bakal jadi pilihan para pemudik tahun ini. Meskipun sebenarnya mudik dengan sepeda motor tidak dianjurkan.

Salah satu kendala sepeda motor saat dipakai perjalanan jauh adalah rawan rem blong, khususnya buat motor matik.

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Walau demikian ada cara yang bisa dilakukan para pemudik, agar perjalanan dengan motor matik tetap aman dan nyaman, serta selamat sampai tujuan.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, pemilik harus mengikuti anjuran buku servis untuk melakukan perawatan motor secara rutin.

Menurutnya, selama melakukan servis rutin dan melakukan penggantian komponen sesuai dengan masa berlakunya, motor aman dipakai mudik.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga New Hiace dan New Dyna yang Lulus Euro 4

“Kalau untuk rem blong, itu disebabkan karena panas, panas yang ditimbulkan karena gesekan antara piringan dan kampas rem,” ujar Rendra, kepada Kompas.com (19/4/2022).

“Saran saya ketika melewati jalan yang cukup curam turunannya, kecepatan diatur jangan sampai terlalu tinggi. Setiap turunan kemiringannya berbeda-beda, jadi sewajarnya saja. Kira-kira sampai rider tersebut bisa mengendalikan sepeda motornya,” kata dia.

Rendra juga mengatakan, ada beberapa penyebab rem blong. Untuk mengatasinya, motor harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Jadwal Ganjil Genap Saat Arus Mudik Lebaran 2022

Rem blong, sopir bus rombongan wisata ke Telaga Sarangan memilih mengahntam tebing. Bus tiba tiba mengalami rem blong saat berada di tikungan tajam dan turunan curam. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.KOMPAS.COM/DOK POLRES MAGETAN Rem blong, sopir bus rombongan wisata ke Telaga Sarangan memilih mengahntam tebing. Bus tiba tiba mengalami rem blong saat berada di tikungan tajam dan turunan curam. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Guna meminimalisir rem blong, pengendara harus melakukan istirahat rutin. Selain menyegarkan badan, kegiatan ini juga bisa mengurangi panas rem.

“Jadi harus pastikan rem dalam kondisi bebas, perputaran roda lancar, tidak ada tahanan dari kampas rem, dan pastikan gunakan kampas rem orisinal,” ucap Rendra.

“Itu kalau (rem) seret-seret dibiarkan, lama-lama panas, kemudian bisa ada dua kemungkinan, mengunci atau blong. Ini yang bahaya, Karena motor matik kan hanya mengandalkan rem untuk menghentikan lajunya,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.