Akses Putar Balik Jalur Arteri Karawang Ditutup Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 14/04/2022, 09:42 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com – Sejumlah strategi disiapkan demi mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022. Salah satunya dengan menutup akses putar balik di jalur arteri.

Seperti diketahui, kepolisian berencana untuk menerapkan one way atau satu arah saat puncak arus mudik. Sementara itu, jalur arteri bakal dipenuhi kendaraan yang mengarah keluar Jakarta maupun sebaliknya.

Oleh sebab itu, Kasatlantas Polres Karawang AKP Laode Habibi Ade Jama menyampaikan, bakal menutup 70 titik akses jalur putar arah atau U-turn di sepanjang arteri Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

"Rekayasa lalu lintas dengan menutup 70 U-turn ini adalah salah satu antisipasi kepadatan arus di jalan arteri Karawang pada musim mudik lebaran nanti," ujar Laode, disitat dari Antara (13/4/2022).

Ia menyampaikan, dari informasi terakhir, rekayasa lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek pada musim mudik lebaran tahun ini akan menerapkan sistem one way, namun untuk waktu pelaksanaannya masih diatur lebih lanjut oleh Korlantas Polri.

"Kami dari Satlantas Polres Karawang akan menyiapkan jalur arteri. Karena kemungkinan kepadatan arus akan berpindah ke jalan Arteri jika dilakukan one way di jalan tol," ucap Laode.

Baca juga: Sebanyak 27.791 Pelanggar Kecepatan di Jalan Tol Terekam Kamera ETLE

Menurut dia, sebanyak 70 titik akses jalur putar arah atau U-turn di sepanjang Arteri Karawang akan ditutup selama musim mudik-balik lebaran.

Penutupan U-turn dilakukan mulai di jalan Arteri Tanjungpura (perbatasan Karawang-Bekasi) hingga jalur Pantura Cikalong arah Gamon (perbatasan Karawang-Subang). Rencananya, penutupan U-turn akan dilaksanakan mulai 18 April hingga 8 Mei 2022.

Laode juga mengatakan, di sepanjang jalan Arteri Karawang, hanya ada delapan akses jalur putar arah yang tidak ditutup.

Sehingga masih bisa digunakan oleh masyarakat dan warga sekitar untuk akses putar arah selama arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Medan Magnet di Pelintasan Kereta Buat Mobil Mogok?

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono saat mengecek kesiapan jalur mudik di Jalan Lingkar Luar Karawang, Senin (11/4/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono saat mengecek kesiapan jalur mudik di Jalan Lingkar Luar Karawang, Senin (11/4/2022).

Berikut ini 8 titik putar balik yang tidak ditutup selama mudik Lebaran 2022:

- Putaran Gamon
- Putaran SPBU Casandra
- Putaran Rumah Makan Niki
- Bundaran Depo Pertamina
- Bundaran Pancawati
- Bundaran Masari
- Bundaran Charles
- Bundaran Kepuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.