Rapor Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Torehkan Hasil Positif

Kompas.com - 12/04/2022, 13:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikidno) mencatat angka penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air secara wholesales mencapai 98.524 unit selama Maret 2022.

Torehan tersebut menembus capaian tertinggi di waktu kurun dua tahun terakhir alias sebelum pandemi Covid-19. Bahkan, penjualan ritel dapat mencapai 89.811 unit .

"Hasil penjualan kendaraan selama bulan Maret yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melalui keterangan resmi, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Masih Banyak Kendaraan Pribadi yang Sembarangan Pakai Strobo

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Dengan demikian, penjualan mobil pada kuartal I/2022 mencapai 263.810 unit. Angka tersebut naik 41,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya alias secara tahunan (year-on-year).

Menurut Nangoi, kenaikan angka penjualan pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang mendukung industri otomotif Indonesia.

Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif dan terselenggaranya pameran otomotif yang bisa bangkitkan kembali industri otomotif dan menjadi salah satu sektor andalan dengan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Baca juga: Update Harga LCGC yang Naik Jelang Lebaran

Ilustrasi penjualan mobil.AUTONEWS Ilustrasi penjualan mobil.

"Penjualan positif di Maret 2022 juga tidak lepas dari terselenggaranya Jakarta Auto Week (JAW) yang berlangsung pada 12-21 Maret 2022 lalu," kata Nangoi.

Untuk diketahui, penjualan mobil di pasar domestik pada 2021 berhasil tumbuh positif setelah terdampak pandemi Covid-19. Pada saat itu, penjualan mobil domestik mampu mencapai 887.202 unit pada Januari-Desember 2021.

Angka ini tumbuh 66,63 persen dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya atau 2020, yakni 532.407 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.