Mitos atau Fakta, Medan Magnet di Pelintasan Kereta Buat Mobil Mogok?

Kompas.com - 13/04/2022, 03:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan mobil di pelintasan kereta menjadi kecelakaan yang banyak terjadi di Indonesia. Banyak mobil yang alami mogok mendadak saat melewati pelintasan kereta.

Ironisnya, mobil yang mogok mendadak di pelintasan kereta turut menyumbang penyebab bertambahnya angka kecelakaan. Saat mobil mogok, akan menjadi obyek yang mudah ditabrak oleh kereta.

Beberapa kabar mengatakan, terdapat medan magnet di pelintasan kereta. Kondisi ini kemudian memunculkan dugaan bahwa mobil mudah mogok saat melintasi pelintasan kereta.

Baca juga: Mendengarkan Musik Sambil Mengemudi Tidak Dilarang oleh Hukum

Bahkan, banyak pengendara mobil yang merasa waswas jika harus melewati pelintasan kereta.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan, kabar yang menyatakan bahwa ada medan magnet di pelintasan kereta hanyalah mitos belaka.

“Menurut saya, mitos. Kalau itu fakta, semua kendaraan atau motor yang lewat akan mati mesinnya. Namun, keadaan mogok lebih sering terjadi pada mobil yang melewati pelintasan kereta,” katanya baru-baru ini kepada Kompas.com.

Bulan Ramadan banyak remaja iseng dengan rel kereta api, Daop 7 Madiun intensifkan pengamanan jalur kereta.KOMPAS.COM/DOK DAOP 7 MADIUN Bulan Ramadan banyak remaja iseng dengan rel kereta api, Daop 7 Madiun intensifkan pengamanan jalur kereta.

Secara teknis, apabila rel kereta bergesekan dengan kereta saat melintas di atasnya akan menimbulkan medan magnet. Medan magnet tersebut tercipta karena adanya gesekan dari kereta dan juga rel yang terbuat dari besi.

Namun, sifat magnetnya hanya sementara dan tidak ada hubungannya dengan kinerja mesin mobil. Oleh karena itu, jika mobil tiba-tiba mati atau mogok saat di pelintasan kereta api itu bukan karena medan magnet.

Baca juga: Parkir di Luar Saat Hujan, Jadi Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Didi mengatakan, faktor kondisi jalan menjadi alasan kuat mobil mogok di pelintasan kereta. Kebanyakan karena di Indonesia banyak pelintasan jalan kereta yang jelek dan berlubang. Maka, banyak kendaraan berjalan pelan atau merangkak melewatinya.

“Bisa saja karena RPM rendah, mesin jadi mati. Atau kepanikan saat melewati rel kereta api sehingga salah pengoperasian sehingga mesin mobil menjadi mati,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.