Kompas.com - 14/04/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di dalam negeri sedang berada dalam proses pemulihan usai terdampak pandemi Covid-19 selama tiga tahun belakangan.

Hal tersebut terlihat dari data yang diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dimana capaian penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sepanjang Maret 2022 tumbuh 21,3 persen secara bulanan menjadi 98.536 unit.

Sementara penjualan secara ritel atau langsung ke konsumen, naik lebih tajam yakni 28,3 persen menjadi 89.821 unit dari satu bulan sebelumnya yakni 69.989 unit.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Torehkan Hasil Positif

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, hasil penjualan itu berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal alias sebelum pandemi Covid-19.

"Ini adalah buah dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah lewat insentif PPnBM dan lainnya," ujar dia dalam keterangan resmi belum lama ini.

Dengan demikian, penjualan mobil pada kuartal pertama tahun ini dapat mencapai 263.822 unit (wholesales), positif 41,1 persen secara tahunan (year-on year). Pada sisi retail sales, naik 33,6 persen jadi 238.377 unit.

Lebih jauh, torehan positif itu didukung oleh pertumbuhan penjualan dari seluruh agen pemegang merek kendaraan bermotor di Indonesia. Kecuali Mitsubisi Fuso yang terlihat ada penurunan 18,7 persen secara tahunan.

Baca juga: Siasati Blind Spot, Jangan Jadikan Spion Motor Sekadar Aksesori

Ilustrasi penjualan mobil.AUTONEWS Ilustrasi penjualan mobil.

Adapun merek mobil terlaris selama Januari-Maret 2022, masih dikuasai Toyota dengan penguasaan sekitar 30 persen dari total pasar mobil yaitu 81.095 unit secara wholesales dan 75.028 unit di penjualan ritel.

Sementara pada posisi kedua, masih konsisten diisi oleh Daihatsu selaku anak usahanya dengan penguasaan 18 persen baik secara wholesales (50.820 unit) maupun penjualan ritel (46.946 unit).

Khusus posisi ketiga, terlihat bahwa persaingan antara Mitsubishi Motors dan Honda tengah bersaing ketat. Keduanya mengisi di kategori berbeda di mana Honda unggul pada sisi wholesales tapi kalah di penjualan ritel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.