Jokowi Meresmikan Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal

Kompas.com - 14/04/2022, 03:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022).

Ruas jalan tol ini sekaligus melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantai Utara (Pantura) dan komplementaritas dengan jaringan jalan tol di Trans Jawa.

Seperti diketahui, jalur Pantura merupakan jalur yang penting untuk menunjang kelancaran dalam masa mudik Lebaran. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal diperkirakan bakal mengurangi beban lalu lintas saat mudik lebaran.

Baca juga: Hino Siapkan Layanan Darurat Selama Masa Mudik Lebaran 2022

“Kita ketahui kepadatan lalu lintas di Brebes-Tegal sangat tinggi terutama saat mudik Lebaran, Tahun Baru, dan hari-hari libur lainnya. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas hingga 48 persen, sehingga jalur Brebes dan Tegal lebih lancar,” ucap Jokowi, melalui keterangan tertulis Kementerian PUPR, dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Jalan Lingkar Brebes-TegalKementerian PUPR Jalan Lingkar Brebes-Tegal
Sebagai informasi, Jalan Lingkar Brebes-Tegal memiliki lebar 7,5 meter untuk dua jalur dan dilengkapi dengan delapan jembatan, masing-masing lima jembatan di wilayah Brebes dan tiga jembatan di wilayah Tegal.

Pembangunan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewah (DI) Yogyakarta dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019 hingga April 2022.

Baca juga: Ini Letak Kabel Mobil yang Sering Digigit Tikus

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, selain Jalan Lingkar Brebes-Tegal, Kementerian PUPR juga tengah mempersiapkan ruas jalur Pantura lainnya untuk mudik Lebaran 2022.

“Semua perbaikan jalan di jalur Pantura sudah saya minta agar selesai pada H-10 Lebaran 2022, dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan masyarakat yang mudik,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.