Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis, Sasar 21.000 Orang di Jabodetabek

Kompas.com - 14/04/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menyatakan untuk mengizinkan kegiatan mudik pada hari raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini.

Guna mendukung kebijakan tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengadakan acara mudik gratis periode Lebaran 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyampaikan bahwa kuota mudik gratis Lebaran 2022 akan ditambah.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).

"Mudik gratis kami ada perubahan, kami tambah kuota yang semula kita akan siapkan kendaraan 350 unit, kita akan siapkan kendaraan sebanyak 700. Jadi dengan 700 kendaraan bus, termasuk juga truk," ujar Budi, dilansir dari Antara (13/4/2022).

Budi mengatakan, sekitar 21.000 anggota masyarakat dari wilayah Jabodetabek akan diangkut ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Sebelumnya, Kemenhub telah menyiapkan kuota mudik gratis penumpang sebesar 10.500 orang.

Baca juga: Sebanyak 27.791 Pelanggar Kecepatan di Jalan Tol Terekam Kamera ETLE

Ilustrasi pemudikANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Ilustrasi pemudik

"Nanti ada tambahan ke Jatim di Ngawi. Yang lainnya Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, Tegal, tentunya juga jadi tujuan mudik gratis. Jabar juga masih sekitar Cirebon, Tasik, Garut, dan Ciamis," ucap Budi.

Ia menambahkan, dalam program mudik gratis ini, sekitar 2.000 kendaraan sepeda motor akan difasilitasi untuk dibawa dari Jakarta dengan menggunakan truk menuju tujuan mudik di sekitar Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kabarnya, kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 27, 28, dan 29 April 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.