Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way | Naik Bus KG Trans dari Jakarta ke Denpasar, Tarif Rp 500.000

Kompas.com - 13/04/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Rekayasa lalu lintas dengan skema ganjil genap, sistem satu arah atau one way, contra flow, sampai buka-tutup jalur dan pengalihan lajur sedang disiapkan untuk antisipasi kepadatan mudik Lebaran 2022.

Hal terkait dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, bersama Kakorlantas Polri, Firman Shantyabudi, membahas skenario rekayasa lalu lintas pada masa mudik tahun ini.


Selain itu, melakukan perjalanan ke luar kota saat ini semakin mudah syaratnya. Bahkan bagi yang sudah divaksin booster, tidak perlu lagi menyertakan hasil negatif tes antigen atau PCR. Salah satu destinasi yang menarik untuk dituju adalah Bali.

Saat ini, tidak cuma lewat jalur udara, bepergian lewat darat dan menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi bisa menjadi pilihan yang menarik.

Menaiki bus AKAP saat ini tidak kalah nyamannya dengan pesawat. Apalagi untuk orang yang masih parno menaiki pesawat, bus AKAP dengan tiket yang lebih ekonomis bisa jadi pilihan tepat.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 11 April 2022 :

1. Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

“Persiapan rekayasa lalin telah disiapkan jauh-jauh hari oleh Korlantas Polri bersama Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga, dengan melakukan simulasi-simulasi sehingga dapat diprediksi berapa rasio kemacetan yang akan terjadi,” kata Budi, Senin (11/4/2022).

Dirinya menjelaskan, kepastian manajemen rekayasa lalu lintas yang akan ditetapkan pada masa mudik lebaran 2022 akan segera disampaikan oleh Korlantas Polri dan akan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Dengan animo masyarakat yang tinggi untuk mudik, kita ingin mengatur perjalalanan mudik yang aman dan sehat. Kelancaran, keselamatan, dan disiplin prokes menjadi keharusan,” ujanya.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

2. Naik Bus KG Trans dari Jakarta ke Denpasar, Tarif Rp 500.000

Bus AKAP KG Trans dengan rute Jakarta-DenpasarDOK. KG TRANS Bus AKAP KG Trans dengan rute Jakarta-Denpasar

Salah satu PO pendatang baru untuk rute Jakarta-Denpasar, bisa melihat ke Kaiser Guptaka (KG) Trans. Dengan harga tiket Rp 500.000, penumpang bakal menikmati fasilitas yang nyaman selama perjalanan.

Untuk bodinya, saat ini tersedia model Jetbus dari Adiputro dan Legacy SR2 dari Laksana. Selain itu, sasis yang digunakan adalah Hino RK8 yang dikenal banter di jalan tol.

Masuk ke bagian kabin, penumpang akan mendapatkan bangku dengan leg rest yang ukurannya besar. Selain itu, jumlah bangku di kabinnya hanya 28 saja, sehingga ruang kaki penumpang sangat lega.

Baca juga: Naik Bus KG Trans dari Jakarta ke Denpasar, Tarif Rp 500.000

3. Kaum Mendang-mending, Pilih Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Komparasi Honda HR-V vs Hyundai CretaKompas.com/Donny Komparasi Honda HR-V vs Hyundai Creta

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com