Menjadikan Indonesia Basis Produksi, Chery Hunting Lokasi Pabrik

Kompas.com - 02/04/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Brand otomotif asal China, Chery memastikan keseriusan beroperasi kembali di pasar Indonesia dengan membuat pabrik perakitan kendaraan dan Pusat Research and Development (RnD).

Sehingga, Tanah Air akan menjadi basis produksi sekaligus batu pijakan pabrikan untuk menggarap pasar Asia Tenggara (ASEAN) yang sedang dalam tahap pertumbuhan positif.

Demikian dikatakan President Director PT Chery Motor Indonesia, Tao Yong saat berbincang bersama beberapa wartawan di helatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, belum lama ini.

Baca juga: Upaya Mobil China Chery Rayu Kembali Konsumen di Indonesia

Produsen mobil asal China Chery, meresmikan kembalinya berbisnis di Indonesia, ikut dalam pameran IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).KOMPAS.com/Ruly Produsen mobil asal China Chery, meresmikan kembalinya berbisnis di Indonesia, ikut dalam pameran IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

"Tapi sebenarnya memang saat ini sedang kami cari (tempat untuk jadi pabrik). Kemudian, kami juga sedang melakukan komunikasi dengan pemerintah untuk mencari lebih jelas lagi di mana lokasi yang bagus," ujar dia.

"Kami juga perlu persiapan yang panjang terutama dengan bagaimana peraturan daerah tersebut. Untuk itu, rencana jangka panjang terkait masih dalam pencarian," ucap Tao.

Adapun komunikasi yang sedang terjalin saat ini antara Chery dengan pemerintah Indonesia, disebutkan tengah terjalin baik. Hanya saja, ia masih enggan untuk mengungkap lebih jauh.

"Komunikasi sedang berjalan, tapi untuk implementasinya kapan nanti akan kami informasikan lagi," ucapnya.

Baca juga: Bos Dyandra Pembeli Pertama Keeway Shiny 150

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Tao pun berharap dapat terus memanfaatkan keahlian dan inovasi Chery di bidang otomotif untuk menyediakan kendaraan berteknologi tinggi di pasar Indonesia.

Baik untuk kendaraan bermesin konvensional maupun kendaraan listrik, yang dapat dimaksimalkan untuk memberikan dukungan teknis, baik bagi mitra lokal dan lebih luas lagi untuk memperkuat industri otomotif Indonesia.

"Kalau lihat sekarang, kami bawa Chery Omoda5, itu produk yang paling laku dan kami rencanakan juga untuk launching di sini. Tentu, Indonesia bukan hanya sebagai market kami untuk memenuhi pasar domestik, tapi juga pasar yang ada di Asia Tenggara," kata Tao.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.