Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Dipastikan Absen pada MotoGP Argentina 2022

Kompas.com - 30/03/2022, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez dipastikan absen pada seri ketiga MotoGP Argentina yang akan berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 1 sampai 3 April 2022.

Kepastian ini disampaikan melalui laman resmi MotoGP pada Selasa (29/3/2022).

Dalam pernyataan tersebut diungkapkan bahwa diplopia atau masalah penglihatan ganda yang dialami oleh The Baby Alien itu sudah membaik. Hanya saja, Marquez belum bisa turun ke lintasan karena harus menjalani masa pemulihan.

“Evaluasi neuro-ophthalmology kedua yang dilakukan pada Marc Marquez Senin lalu menunjukkan perkembangan yang sangat bagus pada kelumpuhan saraf kanan keempat yang terkena dampak akibat terjatuh di Grand Prix Indonesia,” ucap dr. Sanchez Dalmau, dokter mata Marc Marquez di Hospital Clinic de Barcelona, dikutip dari MotoGP, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Debut Dua Pebalap Gresini Racing di Sirkuit Amerika

“Pemulihan belum selesai, dan Marc Marquez harus mengikuti aturan terapi yang sudah ditetapkan dengan perawatan konservatif,” lanjutnya.

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).BAY ISMOYO Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika (20/3/2022).

Seperti diketahui Marc Marquez kembali dinyatakan mengalami diplopia usai kecelakaan pada sesi pemanasan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Marquez diketahui mengalami high side di tikungan tujuh. Insiden tersebut membuat motor dan tubuh Marquez terpental ke udara, hingga dirinya berujung terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal.

Akibat insiden tersebut, Marquez tidak bisa mengikuti balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Bahaya Mengintai Bila Malas Melihat Kaca Spion Mobil

Usai insiden tersebut, pebalap yang identik dengan nomor 93 itu langsung terbang pulang meninggalkan Indonesia menuju Barcelona, Spanyol.

Dalam perjalanan pulang, Marquez merasa penglihatannya tidak normal. Hingga pada akhirnya ia mengunjungi dr. Sanchez Dalmau di Hospital Clinic de Barcelona.

Setelah menjalani pemeriksaan, hasilnya tim dokter menyatakan pebalap asal Spanyol itu kembali menderita diplopia atau penglihatan ganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com