Atur Posisi Kaca Spion Mobil Agar Terhindar dari Blind Spot

Kompas.com - 29/03/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Posisi kaca spion sama pentingnya untuk keselamatan berkendara. Maka dari itu, sebelum melajukan mobil harus dipastikan posisi kaca spion sudah tepat atau belum. 

Baik itu kaca spion kanan, kaca spion kiri dan kaca spion tengah posisinya harus benar. Dengan begitu, pengemudi akan mudah memastikan keadaan samping dan belakang mobil.

Baca juga: Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Ugal-ugalan Pakai Strobo

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, jika tiga kaca spion pada mobil harus diatur guna mencegah bahaya dari blind spot.

“Menyetel kaca spion mobil pada bagian kiri dan kanan serta kaca bagian dalam harus terlihat pilar B sebagai acuan,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini pada Kompas.com.

Pilar B sendiri merupakan salah satu blind spot dari pengemudi yang berada di kabin mobil. Posisinya tepat berada sejajar pada sisi kiri dan kanan pengemudi.

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

Objek blind spot di pilar B ini tidak akan terlihat oleh pengemudi bahkan sulit diamati dari kaca spion.

Maka dari itu, menempatkan posisi kaca spion di pilar B akan membantu pengemudi melihat titik yang sulit dilihat.

Baca juga: Sudah di Evakuasi, Kemacetan di Ruas Tol Jagorawi Berangsur Normal

Blind spot menjadi titik bahaya yang harus diwaspadai pengemudi, jika tidak waspada mobil akan muda ditabrak atau diserempet kend lain. Tabrakan ini tidak hanya dari belakang saja, namun juga bisa dari bagian kiri dan kanan mobil.

“Apa saja yang harus dilihat di kaca spion? Semua objek yang berpotensi bahaya. Karena kaca spion membantu pengemudi memastikan kondisi keamanan saat berkendara,” tutup Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.