Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Lihat Maps di Ponsel Sambil Mengemudi Mobil

Kompas.com - 29/03/2022, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA,KOMPAS.com - Saat berkendara ke tempat yang baru pertama kali dikunjungi, pengemudi mobil sering bingung menentukan rute jalan untuk sampai menuju lokasi tujuan.

Oleh karena itu, menggunakan peta digital pada ponsel pintar adalah solusi yang banyak dipilih. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh ponsel pintar, kini mencari rute jalan pada peta digital sangatlah mudah.

Baca juga: Tol Jagorawi Arah Jakarta Macet Panjang, Ini Penjelasan Jasa Marga

Namun, pada saat yang bersamaan, pengemudi harus menggunakan ponsel yang mana ini sangat membahayakan diri pengemudi.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika menggunakan peta sebagai penunjuk jalan saat mengendarai mobil akan aman bila hanya sebentar.

“Asal tidak sering dan atau terlalu lama melihat ke maps aman saja,” kata Marcell pada Kompas.com baru-baru ini.

Berlibur mengendarai mobil pribadi adalah cara teraman selama pandemi.Unsplash/Sam Williams Berlibur mengendarai mobil pribadi adalah cara teraman selama pandemi.

Jika di dalam mobil ada penumpang lain selain pengemudi, maka penumpang tersebut bisa diandalkan untuk menggunakan ponsel saat mobil melaju.

Cara ini akan lebih aman tanpa mengganggu konsentrasi dari pengemudi. Akan tetapi, apabila pengemudi melajukan mobil secara mandiri mau tidak mau harus multitasking saat melihat peta.

Baca juga: Rossi Tak Menyesal Pernah Menolak Formula 1

Marcell menjelaskan, jika peta digital yang ada di ponsel sangatlah aman digunakan bagi pengendara mobil. Apalagi, fitur ini kian canggih dalam memberikan petunjuk arah.

Pengemudi tidak harus terpaku melihat layar ponsel karena bisa di pandu oleh suara. Pengemudi mobil hanya perlu mendengarkan petunjuk suara dari peta digital sambil fokus pada jalan.

"Jika lebih mengandalkan info suara dari maps, ini tidak terlalu membahayakan bagi pengemudi mobil,” tutup Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com