Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang dan Sederhana Melepaskan Stiker di Mobil

Kompas.com - 28/03/2022, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Stiker kerap menjadi cara atau aksesoris penunjang mempercantik tampilan mobil. Banyak pengguna mobil yang menyematkan stiker pada bagian bodi atau kaca kendaraan.

Saat pemilik mobil bosan, melepas stiker pada mobil menjadi cara yang pilih. Melepaskan stiker pada mobil dapat dilakukan oleh ahli atau secara mandiri.

Akan tetapi, masih banyak yang salah saat melepas stiker pada mobil secara mandiri. Alhasil, bekas stiker yang tidak sepenuhnya terkelupas justru mengganggu tampilan mobil.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Dwiki T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing mengatakan, melepaskan stiker pada bodi mobil atau kaca mobil secara mandiri harus menggunakan alat bantu yang berbeda.

“Melepaskan stiker pada bodi baiknya menggunakan alat bantu heat gun, yang berfungsi untuk melunakan lem pada stiker. Untuk stiker pada kaca bisa dibantu dengan pisau cutter,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

 

stiker pada mobilJanlika stiker pada mobil

Dwiki juga mengatakan, bagi pemilik mobil yang tidak punya heat gun, ada alat lain yang punya fungsi serupa, yaitu hair dryer juga untuk melunakan lem pada stiker. 

Baca juga: 4 Motor Custom Yamaha XSR 155 Builder Jawa Tengah & Jogya

“Namun, apabila menggunakan cara ini pemilik mobil wajib hati-hati agar tidak merusak permukaan cat mobil,” imbuh Dwiki.

Jika masih ada sisa lem yang tersisa, pemilik mobil dapat membersihkan sisa lem menggunakan bahan disekitar yang mudah ditemukan.

Dwiki menyarankan untuk menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan sisa stiker pada mobil. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com