Kompas.com - 28/03/2022, 12:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Oli transmisi pada mobil matik berperan penting bagi performa kendaraan. Pelumas transmisi yang bocor menjadi permasalahan yang kerap dialami oleh mobil matik.

Saat oli transmisi mobil matik bocor, ini akan mengganggu kinerja mesin, bahkan jika dibiarkan akan berbahaya dan mengganggu keselamatan berkendara.

Biasanya, kebocoran oli transmisi mobil matik dikaitkan dengan usia. Misalnya, banyak sil karet yang sudah mengeras karena usianya tidak muda. Maka dari itu, sil tidak bisa menahan oli dari dalam transmisi luar.

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Namun, ada faktor lain yang menyebabkan oli transmisi matik bocor, yaitu kecelakaan atau benturan.

“Faktor lainnya seperti kecelakaan, sehingga ada benturan di bagian matik dan terjadi kerusakan di bagian casing maupun belahan matik,” kata Spesialis mobil matic dari Worner Matic Hermas Efendi Prabowo baru-baru ini pada Kompas.com.

Kecelakaan yang dialami mobil matik dapat menimbulkan benturan yang kuat pada sistem mobil. Benturan tersebut yang membuat dampak pada bagian-bagian penting untuk kinerja oli matik.

Oli transmisi matik khusus untuk mobil Mercedes Benz.pelicanparts.com Oli transmisi matik khusus untuk mobil Mercedes Benz.


Dampak tersebut dapat membuat komponen retak atau bahkan rusak, alhasil oli matik mudah merembes keluar. Maka dari itu, jika mobil matik telah alami suatu kejadian, baik itu kecelakaan besar atau kecil harus segera dilakukan pengecekan.

Apabila telah ditemukan sumber kebocoran, harus segera diperbaiki sumber kebocoran tersebut oleh ahlinya.Setelah perbaikan, Hermas menyarankan agar pemilik mobil jangan langsung bernafa lega.

Baca juga: Masih Seumur Jagung, Komunitas Yamaha Fazzio Mulai Eksis

Masih ada potensi kebocoran oli matik jika tidak dikerjakan dengan baik. Pastikan terlebih dahulu apakah kebocoran oli pada mobil matik masih ada atau tidak.

“Faktor pasca perbaikan juga bisa jadi penyebab oli bocor. Sehingga ada bagian tertentu yang alami pemuaian karena memang masih ada kendala saat diperbaiki,” tutup hermas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.