Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Kompas.com - 27/03/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Mesin mobil merupakan komponen vital pada kendaraan roda empat. Tanpa adanya mesin yang berfungsi dengan baik, mobil tidak dapat melaju dengan sempurna.

Oleh karena itu, kebersihan ruang mesin mobil juga harus di perhatikan. Bukan hanya pada bagian luar mobil saja, ruang mesin mobil yang telah lama digunakan juga lambat laun akan kotor.

Baca juga: Yamaha XSR 155 Custom, Big Wheels Bike

Namun masih banyak yang tidak paham atau keliru dalam membersihkan ruang mesin mobil. Bahkan, tidak sedikit yang malah membersihkan karena takut mesin mobil mengalami masalah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika membersihkan ruang mobil sebenarnya bisa dilakukan di rumah secara mandiri.

“Sebenarnya membersihkan bagian mesin mobil bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli. Namun harus tetap hati-hati,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com. 

Ilustrasi mencuci mobilDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi mencuci mobil

Didi menghimbau para pemilik mobil yang hendak membersihkan mesin mobil harus paham jika pada bagian mesin mobil ada beberapa komponen yang sensitif.

Maka dari itu, jika salah saat membersihkan, justru akan mengganggu kinerja dari mesin mobil.Komponen kelistrikan merupakan hal sensitif yang ada di dalam mesin mobil.

Apabila saat membersihkan ruang mesin menggunakan air, tentunya komponen-komponen kelistrikan tersebut sangatlah berbahaya.

Baca juga: Ini Bedanya Mobil Ambulans dan Mobil Jenazah

Tidak hanya rusak, apabila terkena air komponen kelistrikan pada mesin mobil akan alami konslet. Bahkan, dari konslet tersebut dapat menimbulkan percikan api.

“Maka dari itu, sebaik saat membersihkan ruang mesin mobil di lap saja bagian yang kotor,” kata Didi.

Kemudian, lindungi atau di tutup menggunakan plastik bagian kelistrikan yang ada di mesin mobil. Cara ini akan melindungi bagian kelistrikan dari air. Setelah itu, dikeringkan atau di angin-anginkan menggunakan kipas atau ditiup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.