Kompas.com - 27/03/2022, 20:48 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara pada kondisi jalan menanjak kerap menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, kontur jalan yang dilalui cukup beragam, mulai tanjakan terjal, turunan curam, licin serta padan kendaraan alias macet.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @Dhearaputri. Dalam tayangan tersebut terlihat mobil DFSK Glory 580 terlihat kesulitan melewati jalan yang menanjak.

Mobil berkelir hitam itu terlihat dibantu oleh sejumlah orang untuk melewati tanjakan Geopark Ciletuh Jawa Barat.

Pada akhir tayangan, mobil itu pun terlihat berhasil melewati tanjakan setelah dibantu oleh sejumlah orang.

Sebelumnya, pada Desember 2020, tujuh pemilik DFSK Glory 580 Turbo CVT sempat melayangkan gugat terhadap PT Sokonindo Automobile.

Gugatan tersebut diberikan lantaran sport utility vehicle (SUV) tak kuat menanjak serta kendala teknis ketika berkerja di kondisi stop and go, baik saat digunakan di dalam kota atau luar kota.

Terkait kejadian ini tim redaksi sudah menghubungi Ahmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban.

Baca juga: Cek Spesifikasi DFSK Glory 580 yang Digugat Hampir Rp 9 Miliar

Terlepas dari masalah tersebut, penting bagi pengemudi untuk mengetahui langkah-langkah tepat dalam menaklukan tanjakan terjal. Jika tidak, maka potensi terjadi hal yang tak diinginkan bisa muncul seperti mobil tak kuat menanjak hingga kecelakaan.

Menurut Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), secara umum ada tiga aspek penyebab mobil gagal menanjak yakni faktor manusia, permukaan jalan dan macet, serta kondisi kendaraan itu sendiri.

@dheraputri #tanjakangeoparkciletuhjawabarat ? suara asli - Dhera putri

Lebih jauh, faktor manusia meliputi perilaku pengemudi atau gaya berkendara, tidak terbiasa dan panik, serta muatan kendaraan berlebihan. Lalu, terjadi selip kopling atau panas, kondisi ban tak optimal, dan perawatan berkala.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.