Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Delegasi G20

Kompas.com - 25/03/2022, 18:14 WIB

 

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Indonesia dikabarkan akan membawa mobil listrik terbarunya bZ4X, yang akan disiapkan sebagai kendaraan delegasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, November 2022.

Tak tanggung-tanggung, Toyota akan menyiapkan ratusan unit bZ4X buat kendaraan resmi delegasi G20 tersebut.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima, sebagai kendaraan delegasi akan digunakan Genesis G80 sebanyak 123 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 226 unit dan Toyota bZ4X sebanyak 143 unit.

"Toyota Indonesia akan mendukung pemerintah khususnya pada event G20 nanti, dengan menyiapkan kendaraan listrik bZ4X," jelas Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (35/3/2022).

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra GT4 50 Edition, Hanya Enam Unit di Dunia

Anton melanjutkan, semua unit bZ4X itu nantinya akan diimpor secara utuh (CBU) dari Jepang. Hanya saja dirinya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait strategi elektrifikasi TAM, termasuk soal bZ4X.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Apakah nanti akan kami perkenalkan kepada publik Indonesia sebelum G20 atau sesudah, saya belum bisa memberikan informasinya. Hanya yang pasti Toyota menyiapkan bZ4X memang buat kendaraan delegasi G20," lanjut Anton.

Crossover bertenaga listrik itu dibekali motor listrik bertenaga 204 Tk dan torsi puncak 265 Nm memanfaatkan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh.

Baca juga: Toyota Veloz Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

bZ4X adalah hasil kolaborasi dengan Subaru dengan daya jelajah mampu melaju hingga 450 Km sekali baterai terisi penuh.

Ada dua varian yang dipasarkan, berpenggerak roda depan dan semua roda (all-wheel drive). Pada varian FWD bZ4X dibekali motor tunggal 150 kW, sedangkan varian AWD setiap poros tersedia motor 80 kW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.