Toyota Veloz Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 22/03/2022, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Veloz merupakan salah satu produk baru Toyota yang diperkenalkan pada 10 November 2021. Bermain di kelas LMPV, Veloz menawarkan berbagai fitur yang mumpuni, termasuk soal keselamatan.

Veloz sendiri terdiri dari tiga varian, yakni Manual, Q CVT, dan Q CVT Toyota Safety Sense (TSS). Untuk varian paling tinggi, selain dibubuhi fitur keselamatan TSS, dipasang juga enam airbag di kabinnya.

Untuk menguji keunggulan fitur keselamatan tadi, Veloz turut diuji oleh ASEAN NCAP, lembaga yang mengetes keamanan dan keselamatan dari kendaraan yang akan dijual di Asia Tenggara.

Baca juga: Brio Pemuncak Daftar Mobil Terlaris Februari 2022, Avanza-Veloz Anjlok


Dikutip dari video yang diunggah akun ASEAN NCAP di Youtube, terlihat Veloz sedang diuji dengan berbagai tes. Pertama adalah tes tabrak depan, mobil berjalan dalam kecepatan 64 kpj dan menabrak obyek di depannya.

Kemudian dilakukan juga tes tabrak samping, menilai kemampuan mobil dalam mengamankan penumpang di dalamnya. Tidak lupa juga dites kemampuan mobil dalam melindungi anak-anak yang duduk di child seat.

Terakhir, dalam video tersebut ditampilkan fitur keselamatan TSS seperti Autonomous Emergency Braking Asessment dan blind spot monitoring.

Baca juga: Agar Tidak Ketinggalan Pesawat, Franco Morbidelli Pinjam Motor Polisi di Mandalika

Hasilnya, Veloz meraih bintang lima dengan total skor 79,99 poin. Skor tersebut merupakan total dari Adult Occupant Protection (AOP), 34,88 points, Child Occupant Protection (COP) 17,17 points, Safety Assist Technologies (SATs) 16,03 points, dan Motorcyclist Safety (MS) 11,92 points.

Terlihat varian Veloz yang digunakan bukan yang paling tinggi di Indonesia. Hal ini bisa terlihat hanya ada dua airbag di bagian depan, sedangkan yang paling tinggi (Q CVT TSS) dilengkapi dengan enam airbag.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.