Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ikuti Ajang Balap Pakai Mobil Hidrogen dan Karbon Netral

Kompas.com - 24/03/2022, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota tidak melihat kendaraan elektrifikasi sebagai satu-satunya solusi untuk mengurangi emisi. Untuk itu, Toyota terus melanjutkan pengembangan penggunaan bahan bakar alternatif.

Pabrikan asal Jepang ini terus mengembangkan penggunaan bahan bakar hidrogen dan karbon netral atau carbon-neutral fuel (CNF). Pengembangannya dilakukan di ajang balap Japanese Super Taikyu Series 2022.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (24/3/2022), ada tiga mobil yang diturunkan. Dua mobil menggunakan bahan bakar hidrogen dan satu mobil berbahan bakar karbon netral.

Toyota Corolla Hatchback dengan bahan bakar hidrogenDok. Carscoops.com Toyota Corolla Hatchback dengan bahan bakar hidrogen
Toyota Corolla Hatchback dengan bahan bakar hidrogenDok. Carscoops.com Toyota Corolla Hatchback dengan bahan bakar hidrogen

Mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen adalah Toyota Corolla. Sementara yang berbahan bakar karbon netral adalah GR86.

Baca juga: Yamaha dan Toyota Kolaborasi Bikin Mesin V8 Hidrogen Murni 444 HP

Pada seri pertama ENEOS Super Taikyu Series 2022 Powered by Hankook, Toyota GR86 CBF Concept finis di urutan kedua dalam balap ketahanan Suzuka 5-Hour.

Bahan bakar hidrogen yang digunakan Toyota Corolla HatchbackDok. Carscoops.com Bahan bakar hidrogen yang digunakan Toyota Corolla Hatchback

Sementara mobil balap Corolla dari tim ROOKIE Racing yang menggunakan bahan bakar hidrogen, musim ini akan balapan satu musim penuh. Musim lalu, mobil ini hanya berkompetisi pada seri keempat saja.

Toyota mengklaim bahwa antara Mei dan November 2021, performa kedua mesin tersebut meningkat menjadi setara dengan mesin bensin. Tenaga yang dihasilkan meningkat 24 persen dan torsinya naik 33 persen. Sayangnya, Toyota tidak mengungkapkan angka pastinya.

Toyota mengakui bahwa jarak tempuh dan waktu pengisian bahan bakar masih menjadi masalah utama. Namun, masalah tersebut rencananya akan diatasi di tahun ini.

Baca juga: Toyota Hadirkan Prototype GR Yaris H2, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Jarak tempuh diklaim meningkat 20 persen sejak balapan sebelummnya dengan mengontrol injeksi bahan bakar secara tepat dan menggunakan hidrogen dengan cara yang lebih efisien. Toyota juga menyebutkan pihaknya memiliki ide untuk mengubah gas hidrogen bekas menjadi hidrogen cair melalui jenis teknologi baru.

Toyota GR86CNF Concept yang menggunakan bahan bakar karbon netralDok. Carscoops.com Toyota GR86CNF Concept yang menggunakan bahan bakar karbon netral

Sementara untuk waktu pengisian bahan bakar, disebutkan sudah berkurang dari 2 menit menjadi 1,5 menit, berkat pengisian aliran tinggi dan kemampuan untuk mengisi tangki dari kedua sisi mobil.

Sementara untuk GR86 CNF Concept, mobil ini menggunakan mesin turbocharged 1.4 L yang dikembangkan dari mesin GR Yaris. Tentunya, dengan modifikasi agar bisa menggunakan bahan bakar karbon netral.

Meskipun masih ada emisi karbon dioksida yang dihasilkan selama pembakaran, emisi tersebut diimbangi oleh karbon dioksida yang digunakan dalam campuran bahan bakar. Hal positif dari penggunaan bahan bakar karbon netral adalah bahan bakar ini sesuai dengan infrastruktur yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com