Kompas.com - 24/03/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Quester Euro5 resmi dirilis UD Trucks di Indonesia lewat acara peluncuran yang diadakan secara virtual pada hari Kamis (24/3/2022).

Peluncuran produk baru ini menyambut berlakunya regulasi kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia harus lolos uji emisi Euro4 per 7 April 2022.

Bisa dilihat, truk yang diluncurkan UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) ini punya standar emisi yang lebih baik, yakni Euro5. Lalu mengapa tidak mendatangkan produk yang sesuai standar Euro4 dahulu?

Baca juga: UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 di Indonesia

Peluncuran Quester Euro5DOK. UD AMI Peluncuran Quester Euro5

Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI Aloysius Chrisnoadhi mengatakan, kalau membicarakan UD Trucks, sebelum ada regulasi Euro4, produk miliknya sudah lolos standar emisi Euro3.

"Sehingga waktu ditambahkan dengan peralatan untuk memenuhi standar Euro4, dihasilkannya emisi yang lolos Euro5," ucap Chrisnoadhi di acara peluncuran, Kamis (24/3/2022).

Peralatan yang diucapkan tadi maksudnya adalah Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk mengurangi emisi yang keluar dari gas buang. Sistem ini terpisah dari mesin, sehingga tidak memengaruhi performanya dan diklaim melindungi mesin dan awet.

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra GT4 50 Edition, Hanya Enam Unit di Dunia

Secara sederhana, SCR menyemprotkan urea (AdBlue) ke gas buang dari mesin. Cairan AdBlue tadi mengurai Nitrogen Oksida (NOx) menjadi air dan gas nitrogen yang aman bagi lingkungan.

Chrisnoadhi menambahkan, lompatnya standar truk UD Trucks dari Euro3 ke Euro5 tidak terlepas untuk mempersiapkan kendaraan dengan emisi yang lebih baik lagi di masa depan.

"Yang dipikirkan adalah bagaimana berikutnya. Sebenarta lagi saya yakin di Indonesia itu akan naik lagi menjadi Euro6, kalau terlalu jauh maka akan lebih lama lagi mencapainya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.