UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 di Indonesia

Kompas.com - 24/03/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) resmi meluncurkan produk baru di Indonesia, yakni Quester Euro5 lewat acara virtual launch, Kamis (24/3/2022).

Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI Aloysius Chrisnoadhi mengatakan, dunia otomotif Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan, salah satunya dengan keluarnya regulasi standar emisi Euro4 untuk kendaraan diesel yang berlaku 7 April 2022.

“Dalam mendukung program pemerintah tersebut, kami memperkenalkan slogan terbaru kami, “Better Life for Logistic, Planet and People”, yang bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau”, ucapnya di acara peluncuran Quester Euro5, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4

Peluncuran Quester Euro5DOK. UD AMI Peluncuran Quester Euro5

Menanggapi regulasi tersebut, UD AMI resmi meluncurkan Quester dengan standar emisi yang lebih baik, yakni Euro5. Standar emisi tersebut didapatkan dari penggunaan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) yang menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang.

Sistem SCR ini merupakan alat yang terpisah dari komponen mesin. Sehingga kerjanya tidak memengaruhi kinerja mesin namun tetap bisa menghasilkan emisi yang baik, bahkan lolos standar Euro5.

UD Trucks yang dahulu bernama Nissan Diesel merupakan merek pertama di dunia yang menggunakan teknologi SCR dengan AdBlue®, yang diaplikasikan pada truk Quon di tahun 2004.

Baca juga: All New Honda HR-V Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 350 Jutaan

Konsumsi AdBlue® adalah 3-5 persen dari pemakaian Solar, yang mana pengisian AdBlue® sekali setara dengan 4 kali pengisian Solar full. Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue® berisi 50 liter; dan jika asumsi 1 liter Solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue® bisa untuk menempuh 75 km.

Selain itu Quester Euro5, juga dilengkapi dengan jeriken cadangan AdBlue® berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman dan lebih efisien.

Sistem SCR yang terpisah dari mesin utamanya seperti pada Quester Euro5 ini, tidak sensitif terhadap solar bersulfur tinggi sehingga dapat menggunakan Biodiesel B30 seperti yang beredar saat ini dan sangat aman serta sesuai untuk diimplementasikan di Indonesia.

Peluncuran Quester Euro5DOK. UD AMI Peluncuran Quester Euro5

Untuk pembelian Quester Euro5 ini UD Trucks menyediakan fasilitas gratis AdBlue® sebanyak 800 liter, UD Telematics 1 tahun dan free service 120.000 km atau 3 tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai dengan 5 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.