Kompas.com - 22/03/2022, 20:32 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com—Highway hypnosis, menjadi permasalahan yang kerap dilanda oleh pengemudi mobil. Kondisi ini disebabkan oleh rasa jenuh yang dialami oleh pengemudi saat berkendara di jalanan yang lurus dan panjang.

Apabila alami highway hypnosis, seseorang akan mengendarai mobilnya seolah terhipnotis. Pengemudi mobil kehilangan fokus kesadaraan saat berkendara.

Pada saat inilah mobil akan lepas kendali sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Baca juga: Ini Syarat Airbag Bisa Mengembang Saat Terjadi Kecelakaan

Namun, beberapa pengendara justru mengabaikan gejala highway hypnosis, bahkan pada saat tubuh tidak prima untuk terus mengemudi masih terus memaksakan diri.

Alhasil, begitu pengemudi alami highway hypnosis akan mudah mengalami kecelakaan mobil. Agar mengemudikan mobil lebih aman, ada cara atau langkah sederhana yang bisa dilakukan pengemudi mobil untuk mencegah alami highway hypnosis.

“Untuk mencegah highway hypnosis, pengemudi mobil jangan memaksakan diri untuk mengendarai mobil bila sudah lelah,” kata Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan baru-baru ini pada Kompas.com.

Jalan Tol Kementerian PUPR Jalan Tol

Jika telah mengetahui akan melewati jalanan yang lurus dan panjang, pengemudi harus menetapkan waktu yang tepat untuk beristirahat. Selalu sempatkan memberikan jeda untuk berkendara.

Seseorang yang mengendarai mobil melebihi batas normal yang dianjurkan akan rentan alami masalah secara fisik dan psikologis. Akibatnya, kejadian highway hypnosis mudah melanda pengendara yang memaksakan tubuhnya yang sedang lelah untuk berkendara.

Baca juga: Hasil Positif Isuzu di JAW 2022

Baiknya, setiap tiga jam sekali pengemudi mobil wajib beristirahat. Dengan begitu, pengemudi tidak mudah dilanda rasa jenuh, lelah dan hilang konsentrasi.

Tidak hanya itu saja, cara lainnya yakni pengemudi mobil dapat menyiapkan aneka daftar lagu yang penuh semangat. Lagu-lagu pilihan ini dapat di putar saat mengendarai mobil.

Menurut Marcell, mendengarkan musik yang berulang akan membuat pengemudi dilanda rasa bosan. Alhasil, cara ini dapat membuat pengemudi menghilangkan rasa suntuk saat berkendara di perjalanan jauh, terutama saat mengemudikan mobil sendiri.

“Bahaya dari highway hypnosis adalah kehilangan kesadaran dan kehilangan kendali saat melajukan mobil. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara,” tutup Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.