Jadi Armada Motor Listrik Grab, Begini Spesifikasi Smoot Tempur

Kompas.com - 22/03/2022, 15:07 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comGrab Indonesia telah memiliki motor listrik Smoot Tempur sebagai armada ojek online di Indonesia. Kerjasama PT Smoot Motor Indonesia dengan Grab ini jadi momentum untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Menariknya, motor listrik Smoot Tempur dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP yang memudahkan mitra pengemudi Grab.

Dengan kelebihan ini, mitra pengemudi tidak perlu menunggu lama saat melakukan pengecasan selama berjam-jam untuk mengisi daya baterai.

Baca juga: Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Mulai Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Armada motor listrik Grab Bike yang diakomodir Smoot MotorDok. Grab Indonesia Armada motor listrik Grab Bike yang diakomodir Smoot Motor

Mereka cukup menukarkan baterai di SWAP Poin yang telah disediakan, di lebih dari 400 titik SWAP Poin yang tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell di area Jabodetabek.

Kemudian SWAP juga telah bekerjasama dengan Circle-K untuk menyediakan fasilitas penukaran baterai motor listrik di wilayah Bali.

"Kerjasama ini memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur hingga pengoperasiannya," kata President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dalam siaran Youtube SWAP Indonesia (21/3/2022).

Baca juga: Raih Posisi 5 dan 6, Suzuki Ecstar Akui Trek Sirkuit Mandalika Sulit

Smoot Motor, motor listrik buatan PT Swap Energi Indonesia (SEI) yang diproduksi di Tangerang, Banten.Dok. Smoot Motor Smoot Motor, motor listrik buatan PT Swap Energi Indonesia (SEI) yang diproduksi di Tangerang, Banten.

Dilansir dari situs resminya (22/3/2022), sepeda motor listrik baterai Smoot Tempur telah diproduksi secara lokal di Tangerang, Banten.

Motor ini dibekali sistem penggerak listrik berkapasitas 1.500 W yang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 60 kpj.

Smoot Tempur ditenagai baterai lithium ion berkapasitas 64V 22,5 Ah. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut mampu diajak berkendara hingga jarak maksimal 70 kilometer.

Baca juga: Rayakan Podium, Quartararo Traktir Es Krim Anak-anak di Lombok

Skutik Listrik Smoot MotorLazada Skutik Listrik Smoot Motor

Sementara saat baterai habis, pemilik motor hanya perlu menukarnya di tempat-tempat yang disediakan.

Penukaran baterainya ini gratis, pengguna hanya perlu membayar tarif swap baterai menggunakan sistem kuota.

Harga kuotanya ini tersedia tiga opsi, yakni 100 km dengan tarif Rp 20.000, 250 km dengan tarif Rp 45.000, dan 500 km dengan tarif Rp 80.000.

Bicara soal harga, motor listrik yang digunakan armada Grab ini dibanderol Rp 14,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.