Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Sediakan Bus Gratis untuk Para Penonton MotoGP Mandalika

Kompas.com - 19/03/2022, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Mandalika sedang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat sejak Jumat (18/3/2022) sampai Minggu, 20 Maret 2022.

Selama adanya gelaran tersebut, DAMRI ikut mendukung dengan menghadirkan layanan yang menghubungkan antara Bandara Lombok hingga Sirkuit Mandalika. Jadi bagi para penonton yang baru saja datang di Lombok, bisa menaiki bus DAMRI menuju sirkuit.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan,untuk memudahkan konektivitas transportasi dari dan menuju Sirkuit Mandalika, DAMRI telah menyediakan 25 armada bus dengan beberapa rute yang dilayani, di antaranya:

Baca juga: Aturan Baru Naik Bus DAMRI, Tidak Perlu Tes Antigen

Bus DAMRI gratis untuk pemilik tiket MotoGP MandalikaDOK. DAMRI Bus DAMRI gratis untuk pemilik tiket MotoGP Mandalika

1. Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) – Sirkuit Mandalika (PP)
2. Eks Selaparang – Sirkuit Mandalika (PP)
3. Pelabuhan Bangsal – Sirkuit Mandalika (PP)
4. Pelabuhan Lembar /Pelabuhan Gili Mas – Sirkuit Mandalika (PP)
5. Pelabuhan Kayangan – Sirkuit Mandalika (PP)

Rute tersebut sudah beroperasi sejak 18 Maret 2022 sampai tanggal 20 Maret 2022. Pengoperasiannya dilakukan selama 24 jam non stop.

“Dalam layanan tersebut, DAMRI tidak mengenakan tarif, alias tarif 0 rupiah. Kemudian, untuk persyaratan, DAMRI memberikan kemudahan kepada calon pelanggan dengan cukup menunjukkan bukti tiket MotoGP kepada petugas di lapangan," ucap Siti Inda dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

Walaupun tarifnya Rp 0 DAMRI tidak lalai akan protokol kesehatan, semua operasional yang dijalankan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) D5K, yaitu Keamanan, Keselamatan, Kenyamanan, Ketepatan, dan Kesehatan penumpang dan pramudi.

Adapun jumlah penonton MotoGP diperkirakan mencapai 100.000 orang. Maka, akan terjadi peningkatan penumpang armada bus, di mana hari ke-3 merupakan puncak kenaikan penumpang di Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan Pelabuhan Lembar.

Untuk pengadaan armada, DAMRI bekerja sama dengan beberapa pengusaha lokal dan juga Tourism Development, Corporation yang berada di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Hadirnya konektivitas yang menghubungkan transportasi ke Sirkuit Mandalika ini diharapkan dapat memudahkan pemilik tiket MotoGP untuk melakukan perjalanan dengan mudah, aman, dan terjangkau. Selain itu, dukungan tersebut juga menjadi wujud nyata kontribusi DAMRI untuk mendukung memajukan Indonesia, khususnya Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata strategis nasional,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com