Kompas.com - 19/03/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Mandalika sedang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat sejak Jumat (18/3/2022) sampai Minggu, 20 Maret 2022.

Selama adanya gelaran tersebut, DAMRI ikut mendukung dengan menghadirkan layanan yang menghubungkan antara Bandara Lombok hingga Sirkuit Mandalika. Jadi bagi para penonton yang baru saja datang di Lombok, bisa menaiki bus DAMRI menuju sirkuit.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan,untuk memudahkan konektivitas transportasi dari dan menuju Sirkuit Mandalika, DAMRI telah menyediakan 25 armada bus dengan beberapa rute yang dilayani, di antaranya:

Baca juga: Aturan Baru Naik Bus DAMRI, Tidak Perlu Tes Antigen

Bus DAMRI gratis untuk pemilik tiket MotoGP MandalikaDOK. DAMRI Bus DAMRI gratis untuk pemilik tiket MotoGP Mandalika

1. Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) – Sirkuit Mandalika (PP)
2. Eks Selaparang – Sirkuit Mandalika (PP)
3. Pelabuhan Bangsal – Sirkuit Mandalika (PP)
4. Pelabuhan Lembar /Pelabuhan Gili Mas – Sirkuit Mandalika (PP)
5. Pelabuhan Kayangan – Sirkuit Mandalika (PP)

Rute tersebut sudah beroperasi sejak 18 Maret 2022 sampai tanggal 20 Maret 2022. Pengoperasiannya dilakukan selama 24 jam non stop.

“Dalam layanan tersebut, DAMRI tidak mengenakan tarif, alias tarif 0 rupiah. Kemudian, untuk persyaratan, DAMRI memberikan kemudahan kepada calon pelanggan dengan cukup menunjukkan bukti tiket MotoGP kepada petugas di lapangan," ucap Siti Inda dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

Walaupun tarifnya Rp 0 DAMRI tidak lalai akan protokol kesehatan, semua operasional yang dijalankan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) D5K, yaitu Keamanan, Keselamatan, Kenyamanan, Ketepatan, dan Kesehatan penumpang dan pramudi.

Adapun jumlah penonton MotoGP diperkirakan mencapai 100.000 orang. Maka, akan terjadi peningkatan penumpang armada bus, di mana hari ke-3 merupakan puncak kenaikan penumpang di Bandara Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan Pelabuhan Lembar.

Untuk pengadaan armada, DAMRI bekerja sama dengan beberapa pengusaha lokal dan juga Tourism Development, Corporation yang berada di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Hadirnya konektivitas yang menghubungkan transportasi ke Sirkuit Mandalika ini diharapkan dapat memudahkan pemilik tiket MotoGP untuk melakukan perjalanan dengan mudah, aman, dan terjangkau. Selain itu, dukungan tersebut juga menjadi wujud nyata kontribusi DAMRI untuk mendukung memajukan Indonesia, khususnya Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata strategis nasional,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.