Estimasi Kenaikan Harga Isuzu Menjelang Standar Emisi Euro 4

Kompas.com - 19/03/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Regulasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia akan segera berlaku, tepatnya per 7 April 2022. Nantinya, semua kendaraan diesel yang dijual atau diproduksi di Indonesia harus memenuhi standar emisi tersebut.

Tentu dari mesin diesel Euro 2 ke Euro 4 ada beberapa komponen yang harus disesuaikan, terutama pada bagian mesin. Misalnya dari penggunaan common rail, lalu ada ECU, sampai sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Lalu apakah ada penyesuaian harga produk untuk kendaraan yang nantinya akan dijual per 7 April 2022?

Baca juga: Pengalaman Konsumen Isuzu Pakai Mesin Common Rail Isuzu GIGA

Isuzu Giga. DOK. Isuzu Isuzu Giga.

Arvin P. Sumbung, Product Marketing Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, dengan adanya perubahan dan peningkatan teknologi yang digunakan pada kendaraan, tentu harga barang jadi naik.

“Percayalah, Isuzu selalu berusaha meyediakan produk dengan kualitas yang baik dan harapannya sesuai dengan rentang harga yang bisa diterima customer,” ucap Arvin dikutip dari Youtube Kompas Otomotif, Jumat (28/3/2022).

Baca juga: Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2022


Kemudian untuk perawatan atau sisi aftersales, Isuzu berusaha menjaga kesamaan suku cadang antara truk Euro 2 dan Euro 4 di angka 80 persen sampai 90 persen. Sehingga kenaikan biaya perawatan bisa tidak terlalu tinggi.

“Jadi harapannya untuk bagian maintenance, kenaikan harganya mungkin terjadi, tapi harapannya tidak setinggi seperti yang dikhawatirkan end customer,” kata Arvin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.