Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Testimoni Pengguna Isuzu Giga Selama 10 Tahun Lebih Jadi Andalan

Kompas.com - 15/03/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 7 April 2022, regulasi standar emisi Euro4 harus dipenuhi oleh kendaraan diesel di Indonesia. Nantinya, semua merek yang punya produk dengan mesin diesel, harus menjual kendaraan yang sudah sesuai standar emisinya.

Penerapan standar emisi Euro4 ini tentunya memberikan dampak positif bagi Indonesia, yaitu dapat menurunkan pencemaran udara akibat emisi gas buang. Selain itu juga meningkatkan daya saing industri otomotif Indonesia di kancah global, sebab mampu memproduksi kendaraan niaga sesuai kebutuhan standar pasar luar negeri.

Salah satu komponen penting pada kendaraan dengan standar emisi Euro4 adalah penggunaan common rail pada sistem suplai bahan bakar. Dengan sistem tersebut, bahan bakar yang disemprotkan ke ruang mesin jadi lebih efisien.

Baca juga: Ragam Diskon Isuzu di JAW 2022 sampai Rp 30 Juta

Customer Isuzu telah menggunakan Isuzu GIGA selama 10 TahunDOK. IAMI Customer Isuzu telah menggunakan Isuzu GIGA selama 10 Tahun

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah menggunakan mesin diesel dengan common rail pada produk Giga yang dijual mulai 2011. Artinya, Isuzu sudah punya pengalaman panjang dalam persoalan sistem common rail, bahkan lebih dari 10 tahun.

Bahkan bukan hanya dari sisi produk, melainkan juga layanan purna jual, mulai dari pengalaman mekanik dalam menangani mesin common rail, hingga spare part-nya yang sudah tersedia selama 10 tahun.

Owner PT Mitra Karya Makmur Djoko Handoko mengatakan, perusahaannya menggunakan unit Isuzu Giga sejak awal diperkenalkan. Bahkan sampai sekarang, dari 200 armada yang dimiliki, 180 unit merupakan Isuzu Giga.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di 13 Ruas Jalan Jakarta Masih Berlaku

Menurut dia, urusan perawatan dan unit sejauh ini tidak pernah ada masalah, justru menguntungkan bagi perusahaan.

"Kami sudah dari pertama kali menggunakan Isuzu dengan mesin commin rail ini. Layanan purna jualnya juga sangat baik dan tentunya menguntungkan bagi kami,"ujar Djoko di Jakarta Auto Week (JAW) 2022 di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (14/3/2022).

Selain produknya yang baik, pelayanan aftersales juga cepat dan sigap. Terbukti ketika unit Isuzu Giga milik Djoko mengalami masalah langsung direspon dengan cepat, bahkan tidak harus menunggu lama dalam hal perbaikan unitnya.

New Isuzu Giga tractor head New Isuzu Giga tractor head

Menyoal Euro4 yang akan direalisasikan awal bulan April 2022, Djoko mengatakan tidak masalah, karena mesin common rail Isuzu begitu bagus dalam melakukan performanya. Penggunaan bahan bakar minyak juga bisa menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Kami sebagai konsumen yang sudah lama menggunakan mesin commin rail Isuzu, maka tidak perlu khawatir menyambut kebijakan baru soal emisi gas buang Euro4 nanti," tutur Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com