Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2022, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Peredaran oli palsu di pasaran masih terbilang banyak. Konsumen yang mencari oli motor sampai dibuat bingung untuk memastikan keasliannya.

Guna meminimalisir peredaran oli palsu, Federal Oil punya fitur yang amat berguna untuk mengantisipasinya.

Menariknya, konsumen bisa aktif memeriksa keaslian produk secara mandiri, dengan memperhatikan botol kemasan.

Baca juga: Doni Salmanan Diperiksa Polisi, Cek Motor Ninja H2 Emas Andalannya

Federal Oil menyediakan berbagai kebutuhan oli sepeda motor.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Federal Oil menyediakan berbagai kebutuhan oli sepeda motor.

Hasril Arsyad, Federal Oil Brand General Manager, mengatakan, pihaknya memiliki identitas baru berupa tema Indonesia melalui pola ukiran batik ke dalam bentuk botol yang baru.

Kemudian, Federal Oil dilengkapi dengan teknologi QR Code terbaru yang membuat konsumen, dan partner bengkel dapat memastikan keaslian dari produk kapan saja dan di mana saja

"Beberapa kali kita mendapatkan temuan atau feedback market bahwa ada temuan produk yang tidak sesuai atau terindikasi palsu,” ujar Hasril, dalam konferensi pers (8/3/2022).

Baca juga: Diduga Rem Blong, Bus Tabrak Juru Parkir di Semarang

Federal Oil menyasar berbagai jenis sepeda motorKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Federal Oil menyasar berbagai jenis sepeda motor

“Hal ini kita coba hindari, jadi lebih ke arah prevention, mencegah, dengan proteksi ini maka konsumen sendiri bisa melihat, bisa scan barcode di belakang mereka bisa menemukan sendiri keasliannya," kata dia.

Hasril juga mengatakan, ketika konsumen melakukan scan barcode dengan smartphone, maka akan langsung terhubung ke laman resmi Federal Oil.

"Konsumen dan pemilik bengkel makin cermat, kami mendorong supaya mereka lebih aktif, lebih berani bahwa produk ini bisa diverifikasi sendiri oleh mereka," ucap Hasril.

Baca juga: Honda Luncurkan Motor Bergaya Klasik GB350 Terbaru

Kemasan baru Federal Oil mulai tersedia di pasaranKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kemasan baru Federal Oil mulai tersedia di pasaran

Selain dari kemasan, konsumen juga bisa lebih jeli memperhatikan harga. Menurut Hasril, harga oli palsu umumnya jauh lebih murah ketimbang oli asli.

Sebagai patokan, harga eceran untuk oli motor Federal Oil berada di kisara Rp 40.000-an hinga Rp 60.000-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com