Tol Gilimanuk-Mengwi Bisa Dilewati Motor, Sepeda, hingga Pejalan Kaki

Kompas.com - 09/03/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali bakal memiliki lajur khusus bagi pengguna kendaraan roda dua.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit.

Sama halnya dengan Tol Bali Mandara, Tol Gilimanuk-Mengwi juga akan memiliki jalur pengguna kendaraan roda dua.

“Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi bakal memiliki lajur khusus bagi pengendara kendaraan roda dua,” ucap Danang, dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Ketahui Kerugian Mobil Listrik Pakai Ban Biasa

Jalur khusus ini berada di SS Pekutatan-Mengwi sepanjang 40 kilometer dengan kecepatan rencana 40 kilometer per jam.

Jalan tol ini akan memiliki delapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yaitu 4 rest area tipe A dan rest area tipe B.

Jalan Di Atas Perairan (JDP) atau Jalan Tol Bali yang sudah lulus uji kelayakanMuhammad Hasanudin Jalan Di Atas Perairan (JDP) atau Jalan Tol Bali yang sudah lulus uji kelayakan

Tak hanya itu, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali juga akan menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur pesepeda.

Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, keberadaan jalur sepeda ini jalan tol bertujuan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Baca juga: Ketahui Kerugian Mobil Listrik Pakai Ban Biasa

“Ini akan menjadi jalan tol pertama yang ada jalur sepedanya di Indonesia. Karena memang daerah wisata, jadi kita harus menyesuaikan kebutuhan wisata," ucap Basuki.

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi mulai dibangun Juni 2022 dan ditargetkan dapat selesai tahun 2024 agar dapat dioperasikan mulai November 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.