Semua Truk dan Bus Hino Sudah Standar Emisi Euro 4

Kompas.com - 09/03/2022, 10:40 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendukung lingkungan yang lebih baik, semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4, mulai dari truk ringan, truk berat dan bus.

Masato Uchida, Presiden Direktur Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, teknologi mesin Euro4 kini tersemat di light duty truck Hino Dutro, medium duty truck Hino Ranger, heavy duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

Uchida mengatakan mesin yang lebih bersih dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis. Membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah karena lebih tangguh.

Baca juga: Jaga Keawetan Power Steering, Hindari Kebiasaan Ini

Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4. Foto: Hino Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4.

“Kendaraan yang hari ini kami luncurkan, tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4. Tapi untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya lewat keterangan resmi, Rabu (9/2/2022).

Uchida mengatakan, sebelum meluncurkan unit-unit ini Hino sudah mempersiapkan pengembangan dan infrastruktur secara matang.

Mulai dari lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga mekanik yang terlatih. Serta mesin baru common rail yang diklaim lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan.

Baca juga: MotoGP Mandalika Ada Karena Indonesia Mayoritas Anak Muda

Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4. Foto: Hino Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4.

Uchida mengatakan untuk pengembangan kendaraan Euro4 ini, Hino tetap berkomitmen mempertahankan DNA Hino yaitu Quality Durability Reliability atau QDR.

Berbagai fitur canggih tetap disematkan pada kendaraan Hino Euro4. Mulai dari sasis yang kuat dan sistem pengereman full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3 kali penyaringan.

Mesin common rail ini dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC).

Baca juga: Catat, Siapa Saja yang Tak Wajib Tes Antigen dan PCR buat Keluar Kota

Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4. Foto: Hino Semua lini model Hino kini dibekali dengan standar mesin emisi Euro4.

Selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

Mesin common rail Euro4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.