Tidak Perlu PCR, Berikut Harga Tiket Bus Jakarta-Palembang, Mulai Rp 200.000-an

Kompas.com - 09/03/2022, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menetapkan kebijakan baru mengenai syarat perjalanan darat. Hal ini tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

Pada SE tersebut, syarat harus menunjukkan hasil negatif antigen dan PCR hanya berlaku bagi penumpang yang baru satu kali vaksin. Sedangkan jika sudah dua kali vaksin atau ditambah booster, tidak perlu lagi menyertakan hasil negatif tes.

Tentu saja hal ini jadi memudahkan orang untuk bepergian terutama lewat jalur darat. Penumpang tinggal menunjukkan kartu vaksin yang bisa diakses lewat aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Begini Cara Efektif Cegah Aksi Pencurian di Kabin Bus AKAP

Bus Kramat DjatiAndreas Lucky Lukwira Bus Kramat Djati

Salah satu moda transportasi pilihan ketika mau pergi ke luar kota adalah dengan menaiki bus AKAP. Bus AKAP zaman sekarang sudah jauh lebih nyaman dan menawarkan harga tiket yang relatif ekonomis.

Bahkan untuk trayek dari Jakarta menuju Palembang, tersedia beberapa kelas layanan yang bisa dipilih penumpang, mulai dari VIP, bisnis, eksekutif, social distancing, sampai suites class.

Kompas.com mengumpulkan beberapa operator yang melayani bus dengan trayek Jakarta-Palembang. Harga tiketnya pun cukup ekonomis, mulai Rp 200.000-an sampai yang paling mahal ada di Rp 500.000-an.

Baca juga: Sambut Euro 4 Mesin Diesel, Harga Innova dan Fortuner Naik Rp 7 Juta

Pertama ada PO Giri Indah yang menawarkan kelas Eksekutif dengan bangku 2-2, tiketnya dibanderol Rp 210.000.

Jumlah bangkunya cukup banyak, yaitu 38 sehingga ruang penumpang memang sedikit lebih sempit dibanding bus dengan kapasitas yang lebih sedikit.

Kemudian ada PO Harum BSI yang membanderol tiketnya Rp 250.000. Kelas yang ditawarkan adalah Eksekutif dengan susunan bangku 2-2 sebanyak 33 yang sudah dilengkapi dengan sandaran kaki (leg rest).

Selanjutnya yakni Kramat Djati yang menawarkan kelas VIP dengan kapasitas bangku 36 yang disusun 2-2 yang dilengkapi dengan leg rest. Untuk satu tiket naik Kramat Djati dari Jakarta ke Palembang, siapkan Rp 270.000.

Bus AKAP baru PO EPA Starinstagram/karoseritentrem Bus AKAP baru PO EPA Star

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.