Pebalap Asal Yogya, Raih Podium di Qatar hingga Dipuji Mirip Marquez

Kompas.com - 09/03/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal yang menarik perhatian pada balapan kedua di seri pertama ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu (6/3/2022).

Salah satu pebalap muda asal Indonesia yang berlomba di kejuaraan tersebut berhasil mengibarkan bendera merah putih usai menempati podium di posisi ketiga.

Pebalap tersebut bernama Veda Ega Pratama asal Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pada balapan Qatar pekan lalu, Veda memulai start di posisi ketujuh. Namun secara perlahan ia berhasil menyodok baris terdepan.

Baca juga: MotoGP Mandalika Ada karena Indonesia Mayoritas Anak Muda

Ketika berada di posisi kedua, motor yang ditungganginya nampak tidak stabil, tetapi bocah berusia 13 tahun itu bisa menyelamatkan diri.

Aksi penyelamatan yang dilakukan membuat dirinya mendapatkan banyak pujian. Bahkan akun Twitter resmi Asia Talent Cup, memuji gaya balapnya yang impresif mirip dengan pebalap MotoGP, Marc Marquez.

Sebagai informasi, sejak usia 4 tahun Veda sudah mulai diperkenalkan sepeda motor oleh sang ayah, Sudarmono, yang juga merupakan pebalap nasional. Lalu pada usia 5 tahun, Veda sudah aktif latihan balap.

“Usia 6 tahun hingga 8 tahun ikut kejuaraan motocross, lalu usia 9 tahun pindah ke road race sampai sekarang,” ucap Sudarmo dikutip dari Regional Kompas.com, Rabu (9/3/2022).

Sudarmo mengatakan, pengalamannya sebagai pebalap motor bebek dan harus pindah ke motor sport cukup sulit penyesuaian. Hal itulah yang menjadikan dirinya melatih Veda sejak dini menggunakan sepeda motor sport.

Veda Ega Pratama (13) Pembalap Asal Gunungkidul saat berlatih di Pasar Hewan Siono HarjoDok Pribadi Sudarmono Veda Ega Pratama (13) Pembalap Asal Gunungkidul saat berlatih di Pasar Hewan Siono Harjo

Berkat kegigihannya, Veda menjadi juara nasional kelas pemula pada 2019 lalu. Lalu pada 2020, sebenarnya Veda berlaga di Thailand Talent Cup (TCC) tetapi gagal karena pandemi Covid-19.

Pada tahun 2021, ia mendapatkan wild card di Asia Talent Cup saat berlaga di Sirkuit Mandalika, saat itu ia menempati urutan ke-8.

Baca juga: Ketahui Kerugian Mobil Listrik Pakai Ban Biasa

Setelah Asian Talent Cup, jika lancar ia akan mengikuti kejuaraan di Spanyol, dan jika lancar akan berlaga di Moto3 sebelum ke MotoGP.

“Mimpinya sih ke MotoGP, karena kita tahu sponsor di MotoGP sekarang banyak dari Indonesia, potensinya terbuka,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.