Uji Konsumsi Bahan Bakar Kia Seltos Bensin dan Diesel

Kompas.com - 08/03/2022, 13:41 WIB
Kia Seltos GT Line Kompas.com/ApridaMegaNandaKia Seltos GT Line

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tentang impersi berkendara, kini saatnya tim redaksi melirik konsumsi atas bahan bakar dari Kia Seltos GT Line di jalanan Ibu Kota dan luar kota.

Untuk diketahui, Seltos GT Line merupakan model flagship varian bensin dari Kia Seltos yang dibekali dengan mesin Kappa 1.4 T.GDI berkapasitas 1.353 cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 Ps atau 138 Tk pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya, 242 Nm pada rentang putaran mesin 1.500 rpm hingga 3.200 rpm.

Baca juga: Sensasi Mengendarai Kia Seltos GT Line di Dalam dan Luar Kota

Pada pengetesan kali ini, tim redaksi tidak hanya menghitung konsumsi bahan bakar Seltos GT Line, namun juga akan membandingkan dengan varian dieselnya, yakni Kia Seltos diesel yang dibekali mesin U2 1.5 E-VGT CRDi berkapasitas 1.493 cc.

Melihat dari data spesifikasi yang ada, secara output Kia Seltos diesel memiliki tenaga yang lebih kecil dibanding varian GT Line atau varian bensinnya, yakni 115 Ps atau 113 Tk pada 4.000 rpm.

Kia Seltos CRDiKompas.com/ApridaMegaNanda Kia Seltos CRDi

Sementara untuk torsinya lebih besar dibandingkan mesin bensin, yakni mencapai 250 Nm pada rentang 1.500-2.750 rpm.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya?

Dari hasil pengujian singkat yang dilakukan tim redaksi di dalam kota dengan kondisi jalan Ibu Kota yang cukup ramai dan padat, konsumsi BBM rata-rata Kia Seltos GT Line terbilang cukup irit, yakni mencapai 14 kpl.

Catatan tersebut berdasarkan MID dengan jarak total mencapai 40,3 kilometer. Adapun kecepatan rata-rata yang dilakoni adalah 30 kpj sampai 40 kpj.

Konsumsi bahan bakar dalam kota Kia Seltos GT Line (kiri), Kia Seltos Diesel (Kanan)Kompas.com/ApridaMegaNanda Konsumsi bahan bakar dalam kota Kia Seltos GT Line (kiri), Kia Seltos Diesel (Kanan)

Pengujian yang sama juga kami lakukan pada Kia Seltos diesel, dengan rute dan kondisi jalan yang tak berbeda seperti saat kami mengetes Kia Seltos GT Line. Hasilnya, Kia Seltos diesel jauh lebih irit yakni mencapai 16.2 kpl.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.