Sambut Euro 4 Mesin Diesel, Harga Innova dan Fortuner Naik Rp 7 Juta

Kompas.com - 08/03/2022, 12:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia memastikan kesiapannya untuk menyambut penerapan standar emisi Euro 4 pada kendaraan berdengan mesin diesel yang akan direalisasikan mulai 7 April 2022.

Sebab, regulasi tersebut memiliki tujuan yang sejalan dengan perseroan, yaitu mengurangi emisi seraya mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam hal standar emisi.

Selain pada sisi teknis, terpantau kini beberapa diler resmi Toyota sudah menghitung estimasi kenaikan harga mobil diesel per-Maret 2022. Pada daftar yang diterima redaksi Kompas.com, penyesuaian meliputi model Kijang Innova dan Fortuner.

Baca juga: Kesiapan Toyota Sambut Implementasi Euro 4

TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke AustraliaTMMIN TMMIN mulai ekspor Toyota Fortuner ke Australia

"Seluruhnya naik seiring penerapan Euro 4 untuk kendaraan diesel," kata sumber yang enggan disebutkan namanya, Selasa (8/3/2022).

Lebih jauh, produk yang akan mengalami penyesuaian harga ialah Land Cruiser, Hiace, Hilux (Single Cabin dan Double Cabin), Kijang innova, Fortuner, serta Dyna.

Adapun kenaikannya, mulai dari Rp 6 juta untuk model Hilux sampai Rp 33,3 juta pada Dyna. Namun, penyesuaian tersebut masih bersifat estimasi saja, bisa berubah tergantung kebijakan lanjutan dan wilayah.

Secara rinci, pada Land Cruiser bermesin diesel yang memiliki banderol Rp 2,327 sampai Rp 2,378 miliar akan naik sebesar Rp 7,2 juta. Kenaikan meliputi seluruh varian yang terkait.

Sementara Hiace commuter yang kini harga pasarannya Rp 514,4 juta akan naik sebesar Rp 17 juta. Untuk Hiace premio, kenaikan lebih kecil yaitu Rp 12 juta dari harga dasar Rp 596,5 juta.

Baca juga: DKI Jakarta Terapkan PPKM Level 2, Ini Aturan Naik Kendaraan Umum

All New Land Cruiser 300 melibas rintanganKOMPAS.com/ADITYO WISNU All New Land Cruiser 300 melibas rintangan

Kijang Innova dan Fortuner, meski memiliki banderol berbeda tapi rencana kenaikannya sama yaitu Rp 7 juta.

Diketahui, kini harga Kijang Innova diesel berada di Rp 375,4 juta hingga Rp 503,9 juta. Sedangkan Fortuner berada di Rp 524 juta sampai Rp 687 juta.

Kenaikan harga paling rendah terdapat pada Hilux, yaitu Rp 6 juta dari banderol terkini Rp 273 juta - Rp 491,3 juta. Sementara kenaikan tertinggi berlaku pada model Dyna sebesar Rp 23 juta hingga Rp 33,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.