Lewati Tanjakan Pakai Mobil Matik, Penting Pahami Teknik Kickdown

Kompas.com - 05/03/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis atau matik tidak sama dengan mobil manual. Sehingga, teknik berkendaranya pun juga sedikit berbeda.

Salah satunya adalah teknik melewati tanjakan. Dengan mobil matik, butuh teknik kickdown agar dapat melewati tanjakan ini dengan aman dan lancar.

Baca juga: Pentingnya Fitur Hill Start Assist Saat Terjebak Macet di Tanjakan

Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan Nurrahman Adi Saputra, mengatakan, teknik kickdown merupakan salah satu solusi buat mobil matik dalam berakselerasi atau membutuhkan torsi lebih besar.

Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.

“Matik ini perpindahan transmisinya diatur oleh komputer atau mekanisme di dalam transmisi itu sendiri. Sehingga saat kita butuh power lebih pada saat menajak atau menyalip kendaraan, tak mudah terdeteksi oleh komputer atau transmisi itu sendiri, jadi kita gunakan teknik kickdown itu,” kata Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk melakukannya, Nurrahman menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas gas atau mengendurkan injakan pada pedal gas.

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

"Setelah itu, ketika momennya pas, langsung injak pedal gas secara spontan dan maksimal. Ini akan terbaca oleh komputer seolah-olah pengemudi sedang membutuhkan power lebih. Sehinga kebutuhan tenaga bisa tersalurkan," ujar Nurrahman.

Nurrahman menambahkan, kickdown bisa dikatakan sebagai pengingat, bahwa pengendara butuh tenaga untuk berakselerasi atau ketika menanjak. Selain untuk menanjak, teknik ini juga bisa dilakukan untuk menyalip kendaraan di depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.