Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Fitur Hill Start Assist Saat Terjebak Macet di Tanjakan

Kompas.com - 04/03/2022, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir pekan yang panjang atau long weekend sering kali dimanfaatkan pada warga Jakarta dan sekitarnya untuk berekreasi ke Puncak, Bogor. Bahkan, sering kali menyebabkan terjadinya kemacetan.

Dengan kondisi jalan yang macet dan menanjak, sebagian mobil bertransmisi matik jadi kesulitan untuk berakselerasi. Apalagi, jika penumpang yang diangkut cukup banyak jumlahnya.

Baca juga: Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Sekarang ini, pabrikan otomotif sudah menemukan teknologi Hill Start Assist (HSA). Banyak mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara ini.

Kelangkapan hill start assist sangat berperan saat menaklukan tanjakanKompasOtomotif Kelangkapan hill start assist sangat berperan saat menaklukan tanjakan

Fitur ini awalnya hanya dimiliki oleh mobil kelas mengah ke atas. Sekarang, HSA juga sudah dapat ditemui pada mobil dengan harga Rp 200 jutaan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa fitur ini bisa memudahkan pengemudi mengendalikan mobil untuk melaju usai berhenti di jalan menanjak.

Baca juga: Begini Aturan Mengendarai Mobil di Tanjakan dan Turunan

Hill Start Assist merupakan fitur pada sistem pengereman yang menahan kendaraan beberapa detik, untuk mencegah mobil agar tidak turun beberapa saat di tanjakan ketika kaki berpindah dari pedal kopling (bagi mobil manual) ke pedal gas,” kata Didi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi mobil dengan dan tanpa fitur Hill Start Assist Ilustrasi mobil dengan dan tanpa fitur Hill Start Assist

Untuk mengaktifkan fitur ini, biasanya terdapat tombol yang terpasang di dasbor atau konsol tengah, dekat dengan pengemudi. Jadi, pengemudi bisa memilih untuk menyalakan atau mematikan mode HSA ini.

Namun, perlu diketahui bahwa bantuan menahan pengereman pada HSA tidak berlangsung lama. Beberapa produsen mobil sudah mengaturnya untuk aktif sekitar 2-3 detik.

Jadi, sifatnya hanya sementara, hanya untuk menahan posisi mobil agar tidak mudah mundur saat mobil berhenti sejenak di tanjakan. Dengan adanya fitur ini, pengemudi tidak perlu panik saat dihadapkan dengan tanjakan.

Ketika HSA bekerja atau aktif, kaki pengemudi jadi tidak perlu terburu-buru untuk berpindah pedal. Sehingga, mengemudi pun akan jadi lebih nyaman, khususnya para pengemudi pemula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com