Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Lebih Aman, Lakukan Ini Saat Parkir Mobil Matik di Tanjakan

Kompas.com - 13/02/2022, 18:51 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk orang masih baru dalam mengemudikan mobil, parkir merupakan hal yang menakutkan. Apalagi jika perkir dalam keadaan sulit seperti tempat yang sempit ataupun parkir di tanjakan.

Pada saat parkir, pengemudi harus memperhatikan bagaimana langkah yang tepat untuk memarkirkan mobil di tanjakan.

Jika ada kesalahan, kendaraan bisa saja berjalan mundur sehingga mengakibatkan kerugian baik diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, sebenarnya kalau parkir di tanjakan tidak terlalu sulit.

Pada dasarnya mobil matik sudah menggunakan transmisi parking yang sudah mengunci sehingga kemungkinan untuk mundur kecil.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

"Kalau mobil dengan transmisi matik sudah ada transmisi khusus untuk parkir yang bisa mengunci mobil agar tidak mundur, namun harus tetap ada tindakan preventif untuk jaga-jaga," ucap Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Walaupun mobil matik sudah dibekali teknologi agar tidak mundur ketika parkir, Marcell menambahkan ada beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan saat parkir di tanjakan. Tindakan ini bisa dilakukan untuk mobil matik maupun manual.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Kalau pada saat parkir di pinggir jalan terdapat trotoar, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir di tanjakan.

Pada saat hal itu terjadi, mobil tidak akan langsung melorot ke bawah karena ban kiri depan akan tersangkut di trotoar.

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Namun ketika parkir di tanjakan dan tidak ada trotoar di jalan tersebut, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kiri. Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan antisipasi jika terjadi masalah dengan rem tangan.

Jika melakukan hal ini, dalam kondisi rem tangan tidak bekerja maka kendaraan akan mengarah ke pinggir jalan sehingga tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Baca juga: Lelang Paket 3 Toyota Hardtop dan 61 Motor Mulai Rp 33 Jutaan

Dalam keadaan parkir di tanjakan, Marcell menyarankan untuk menggunakan transmisi netral untuk kendaraan manual dan posisi gigi parkir untuk kendaraan matik.

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang langsung menyalakan mobil tanpa mengecek posisi transmisi mobil pada saat awal menaiki mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com