Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewati Tanjakan Pakai Mobil Matik, Penting Pahami Teknik Kickdown

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis atau matik tidak sama dengan mobil manual. Sehingga, teknik berkendaranya pun juga sedikit berbeda.

Salah satunya adalah teknik melewati tanjakan. Dengan mobil matik, butuh teknik kickdown agar dapat melewati tanjakan ini dengan aman dan lancar.

Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan Nurrahman Adi Saputra, mengatakan, teknik kickdown merupakan salah satu solusi buat mobil matik dalam berakselerasi atau membutuhkan torsi lebih besar.

“Matik ini perpindahan transmisinya diatur oleh komputer atau mekanisme di dalam transmisi itu sendiri. Sehingga saat kita butuh power lebih pada saat menajak atau menyalip kendaraan, tak mudah terdeteksi oleh komputer atau transmisi itu sendiri, jadi kita gunakan teknik kickdown itu,” kata Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk melakukannya, Nurrahman menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas gas atau mengendurkan injakan pada pedal gas.

"Setelah itu, ketika momennya pas, langsung injak pedal gas secara spontan dan maksimal. Ini akan terbaca oleh komputer seolah-olah pengemudi sedang membutuhkan power lebih. Sehinga kebutuhan tenaga bisa tersalurkan," ujar Nurrahman.

Nurrahman menambahkan, kickdown bisa dikatakan sebagai pengingat, bahwa pengendara butuh tenaga untuk berakselerasi atau ketika menanjak. Selain untuk menanjak, teknik ini juga bisa dilakukan untuk menyalip kendaraan di depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/05/154100915/lewati-tanjakan-pakai-mobil-matik-penting-pahami-teknik-kickdown

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke