Kompas.com - 01/03/2022, 18:22 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Merek rem terkemuka, Brembo, akan kembali menjadi pemasok rem untuk motor-motor MotoGP. Musim 2022 merupakan musim ketujuh Brembo jadi pemasok rem MotoGP.

Musim ini merek asal Italia tersebut mengatakan mayoritas pebalap akan memilih memakai kaliper rem Brembo GP4 yang diluncurkan pada 2020. Adapun sebagian kecil memakai rem versi 2019.

Baca juga: Terjebak Macet di Puncak, Ini Cara Nyetir Mobil Manual agar Tidak Mundur

Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP StyriaCrash.net Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP Styria

Mengutip Crash.net, bahannya terbuat dari alumunium. Modelnya radial, dilengkapi dengan empat piston, sirip eksternal dan sistem "anti-drag" yang dirancang untuk meningkatkan torsi selama pengereman.

Brembo juga mempunya perangkat pegas agar cakram dan kaliper tidak seret. Mencegah cakram bersentuhan satu sama lain, yang mengakibatkan motor melambat.

Agar feeling pengereman lebih maksimal, musim ini Brembo menyediakan 12 opsi cakram karbon yang berbeda. Tersedia enam diameter cakram dengan masing-masing punya spesifikasi material berbeda.

Baca juga: Bedah Interior Veloz, BR-V, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatanDok. Brembo Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan

Mayoritas pebalap ditengarai pakai cakram berdiameter 340mm, dengan material terbagi antara 'High Mass' atau 'Standard Mass'. Namun, beberapa tim akan menggunakan cakram berdiameter 320mm.

Brembo juga menawarkan cakram karbon berventilasi berdiameter 355mm baru, yang telah digunakan selama pengujian di Sepang dan Mandalika dan tersedia untuk awal musim.

Keuntungan utamanya adalah ventilasi ini menjaga permukaan cakram tetap dingin. Cakram ini dirancang khusus untuk sirkuit yang butuh pengereman luar biasa seperti Spielberg, Motegi, Sepang atau Buriram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.