Benarkah Headrest Bisa Pecahkan Kaca Mobil Dalam Keadaan Darurat?

Kompas.com - 01/03/2022, 09:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi darurat yang disebabkan oleh kecelakaan tentu bisa berpotensi menyebabkan nyawa melayang.

Untuk itu, ketika terjadi kecelakaan, diharuskan mengambil suatu tindakan secara cepat karena setiap detik sangatlah berharga pada momen seperti itu.

Salah satunya adalah keluar dari mobil saat terjadinya kecelakaan. Terkadang, kondisi tidak memungkinkan pintu mobil terbuka, misalnya karena mobil terendam air hingga pintu mengalami kerusakan.

Baca juga: Waspada Modus Pecah Kaca Saat Parkir Mobil

Seperti contoh kasus kecelakaan yang baru-baru ini terjadi di jembatan Pamah, Desa Simeme Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Diketahui keempat penumpang minibus harus kehilangan nyawanya lantaran terjebak di dalam mobil saat kendaraannya terbawa arus.

Warganet pun memberi komentar pada salah satu akun Instagram bernama @andreli_48 yang mengunggah proses evakuasi mobil tersebut.

Mobil terseret arus sungaiinstagram.com/andreli_48 Mobil terseret arus sungai

“Info yg mudah2an bermanfaat, dlm kondisi gini cabut headrest di jok, ujung nya bs buat pecahin kaca,” tulis komentar akun tersebut.

Sebagai informasi, headrest atau yang lebih dikenal dengan sandaran kepala pada jok mobil, merupakan salah satu komponen keselamatan saat berkendara.

Selain sebagai sandaran kepala, headrest juga bisa mencegah terjadinya cedera leher akibat kecelakaan.

Lantas benarkah piranti tersebut bisa digunakan sebagai pemecah kaca dalam keadaan darurat?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut memang bisa dilakukan, namun besi penyangga pada headrest bukan didesain untuk pemecah kaca.

Kaca mobil retakFoto: Drivespark Kaca mobil retak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.