Pengemudi Pemula, Begini Cara Benar Saat Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 27/02/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol adalah jalan umum atau tertutup di mana para penggunanya dikenakan biaya untuk melintasinya sesuai tarif yang berlaku.

Di jalan tol, berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil hingga bus dan truk melintas di dalamnya dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Jangan Berkendara di Jalur Lambat Jalan Tol

Banyaknya pengguna jalan yang memakai jalan tol, nampaknya hanya sekadar pakai saja, banyak etika yang tidak diikuti. Misalnya, soal lajur dan batas kecepatan, masih banyak yang melanggar.

Terutama pengemudi pemula, masih banyak yang belum tahu mengenai prosedur aman dan benar pada saat memasuki jalan tol.

Pada saat memasuki jalan tol, pengemudi juga tidak boleh asal nyelonong masuk ke jalur tol yang ada. Ada etika dan prosedur masuk jalan tol yang benar dan aman yang masih belum banyak diketahui orang.

Jalan Tol Jasa Marga Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga

Founder & Training Director Jakarta Defensive Consultant Indonesia Jusri Pulubuhu menjelaskan tentang prosedur masuk jalan tol yang aman dan benar.

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Hari Ini

“Pertama, jalur memasuki jalan tol adalah runway, di mana seharusnya pengemudi mengembangkan kecepatannya. Sehingga, ketika dia masuk ke badan tol, kecepatannya sudah matching dengan flow yang ada,” kata Jusri Kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal yang sering terjadi adalah mengurangi kecepatan dan menunggu kendaraan yang ada di tol untuk lewat baru masuk. Kalau lambat ketika masuk ke badan tol, bisa ditabrak dari kendaraan yang ada di belakang.

Jalan Tol Manado-BitungDok. PT Jasamarga Manado Bitung Jalan Tol Manado-Bitung

“Agar bisa terjadi, lajur satu (paling kiri) jalan tol harus bersih, tidak ada kendaraan. Sehingga mobil yang baru masuk tol tinggal masuk, tidak perlu menunggu dan bisa pindah lajur dengan aman,” ucap Jusri.

Baca juga: Selain Punya BMW R18, Ternyata Ariel NOAH Setia dengan Suzuki Shogun

Selanjutnya, kendaraan yang sudah ada di jalan tol, ketika mau melewati cabang jalan, segera pindah ke lajur dua. Dengan begitu, lajur satu menjadi aman bagi kendaraan yang mau masuk ke jalan tol.

“Jadi 100 meter menjelang entrance, lajur satu bersih. Sampai 100 meter setelah entrance, mereka bisa masuk lagi ke lajur satu. Jadi free zone-nya 200 meter,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.