Komparasi Toyota Veloz Versi Indonesia dengan Thailand

Kompas.com - 27/02/2022, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota All New Veloz kini sudah resmi tak menjadi bagian dari Avanza dan berdiri menjadi produk tersendiri. Usai diluncurkan di Indonesia jelang akhir 2021, kini Veloz ikut dipasarkan di Thailand.

Di Negeri Gajah Putih tersebut, Veloz ditawarkan dalam dua pilihan varian, yakni Smart dan Premium. Dilansir dari Paultan, Sabtu (26/2/2022), Veloz Smart dibanderol 795.000 baht atau sekitar Rp 350 jutaan, dan Veloz Premium di harga 875.000 baht atau Rp 385 jutaan.

Apakah Veloz di Indonesia dengan yang dijual di pasar domestik Thailand memiliki perbedaan yang signifikan?

Baca juga: Suzuki Luncurkan Baleno Model Baru, Harga Mulai Rp 120 Jutaan

Ternyata secara keseluruhan, tidak ada perbedaan mencolok pada Veloz versi Indonesia maupun Thailand.

Keduanya memiliki desain eksterior yang serupa, lebih bongsor dengan lekuk ala mobil modern, serta hampir menyerupai mobil SUV.

Hanya saja, ada penambahan cladding yang tak terlalu besar pada Veloz versi pasar Thailand. Cladding tersebut dipasang pada pintu samping serta area dekat lampu kabut.

All New Veloz di ThailandToyota Thailand All New Veloz di Thailand

Masuk ke dalam kabin, interiornya juga bisa dikatakan hampir 100 persen mirip. Perbedaan ada pada head unit yang terpasang.

Untuk Veloz Thailand, head unit yang digunakan berwujud layar 9 inci dengan tampilan menu yang berbeda dari Veloz Indonesia.

Perkara dapur pacu pun tidak ada yang berbeda. Veloz Thailand tetap dibekali mesin 2NR-VE kubikasi 1.500 cc dengan tenaga 104,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm di putaran 4.200 rpm.

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Hari Ini

Namun jika melihat sistem transmisinya, Toyota Thailand hanya memasarkan Veloz dengan transmisi matik D-CVT saja. Dengan kata lain masyarakat Thailand tidak akan merasakan pengalaman berkendara dengan tiga pedal (transmisi manual) pada Veloz versi pasar domestiknya.

Urusan fitur keselamatan, hanya tipe Premium saja yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) berisi Pre-Collision SystemFront Departure AlertPedal Misoperation Control, serta Lane Departure Warning System with Lane Departure Alert (LDA) dan Steering Assist.

Tapi baik Veloz tipe Smart maupun Premium sama-sama memiliki fitur 6 AirbagsStability Control, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Alert.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.