Kenapa Lampu Depan Bus Masih Pakai Bohlam?

Kompas.com - 26/02/2022, 16:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan alat transportasi yang bisa bekerja 24 jam setiap harinya. Oleh karena itu, ketika beroperasi di malam hari, sistem pencahayaan pada bus tentu menjadi hal yang penting.

Jika membahas tampilan lampu bus saat ini, setiap karoseri punya desainnya masing-masing, sehingga nampak semakin beragam. Berbeda dengan zaman dahulu, di mana beberapa karoseri memakai model lampu depan yang sama.

Lampu depan kini menjadi komponen desain pada bagian muka bus, ada yang bentuknya menyipit, dan juga yang lebar. Namun, kebanyakan lampu depan bus yang datang dari karoseri masih mengandalkan bohlam.

Baca juga: Bus Baru PO Sahaalah dari Karoseri Laksana, Pakai Tampilan Panorama

Bus AKAP baru PO PalalaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Palala

Padahal, jika menggunakan teknologi terkini seperti LED, tentu akan membuat bus tampil makin kekinian. Lalu mengapa bus kalau dari karoseri masih mengandalkan bohlam sebagai lampu depannya?

Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, untuk bodi buatan Tentrem, lampunya masih memakai bohlam berwarna kuning dibantu dengan projektor. Memilih untuk tetap memakai bohlam dikarenakan kepraktisannya.

“Bohlam lebih mudah dalam spare partsnya. Kalau pakai HID kan perlu ballast, sedangkan LED harus ada kipas pendingin dan sebagainya. Bohlam tidak perlu alat-alat tadi,” ucap Dimas kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Demi Penumpang, Bangku Bus Sekarang Makin Lebar

Selain praktis, lampu bohlam zaman sekarang sudah punya usia pakai yang panjang. Hal tersebut dikatakan oleh Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto.

“Pertimbangan saat ini, bohlam masa pakainya masih lebih awet dibanding LED. Untuk LED sendiri, masih dalam taraf percobaan untuk ketahanannya di karoseri Laksana,” ucap Werry.

Tetapi, banyak juga operator bus yang memodifikasi lampu depannya menjadi lebih terang. Biasanya, selain diganti lampunya, bagian rumah lampu juga dihias dengan warna yang menarik, sehingga semakin matching dengan eksterior bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.