Ertiga dan XL7 Dapat Diskon PPnBM, Suzuki Bakal Refund Uang Konsumen

Kompas.com - 26/02/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua produk Suzuki, yakni Ertiga dan XL7, resmi turun harga karena menikmati diskon PPnBM 50 persen yang diperpanjang pemerintah selama Kuartal I tahun ini.

Dengan adanya kebijakan itu, lantas apakah konsumen yang telah membeli XL7 dan Ertiga pada Januari dan awal Februari dengan harga normal akan mendapatkan refund dari Suzuki, mengingat selisihnya lumayan besar?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobile Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, pihaknya menerapkan ketentuan sesuai regulasi yang artinya akan ada refund untuk selisih PPnBM.

Baca juga: Suzuki Tambah Insentif, Bikin Harga Ertiga dan XL7 Turun Puluhan Juta

"Sesuai dengan regulasi di mana ketentuannya adalah berlaku mulai Januari, maka konsumen yang sudah melakukan transaksi pada Januari akan mendapatkan pengembalian dari diler tempat konsumen melakukan pembelian," ujar Donny kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

XL7 SuzukiSuzuki XL7 Suzuki

Donny mengatakan, nantinya konsumen yang sudah lebih dulu meminang XL7 dan Ertiga, akan dihubungi oleh pihak diler terkait pengembalian selisih PPnBM yang sudah dibayarkan.

Seperti diketahui, Suzuki tak hanya menurunkan harga karena adanya diskon PPnBM 50 persen, namun juga ditambah insentif atau subsidi mandiri yang membuat harga MPV dan SUV murahnya turun hingga puluhan juga.

Bila diperhatikan dari daftar harga terbaru, semua varian Ertiga dan XL7 kini dipasarkan hanya di bawah Rp 250 juta. Padahal di awal bulan, untuk varian tengah saja banderolnya sudah di atas Rp 250 jutaan.

Baca juga: Suzuki Luncurkan Baleno Model Baru, Harga Mulai Rp 120 Jutaan

Suzuki All New ErtigaSIS Suzuki All New Ertiga

"Selisih antara Rp 7,8 juta sampai dengan Rp 9,9 juta tergantung masing-masing varian, akan tetapi untuk memaksimalkan penjualan, kami juga membuat tambahan insentif sehingga insentif ini bisa maksimal dimanfaatkan oleh konsumen sekaligus membantu pemerintah untuk menggerakkan perekonomian," kata Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.