Demi Penumpang, Bangku Bus Sekarang Makin Lebar

Kompas.com - 25/02/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu pilihan bepergian jarak jauh lewat jalur darat. Oleh karena itu, bus yang memiliki rute jauh biasanya menawarkan berbagai kelas, mulai dari ekonomi, sampai eksekutif.

Semakin tinggi kelas layanannya, bangku yang disediakan pun semakin nyaman. Bahkan untuk bus dengan susunan bangku 2-2 saat ini sudah semakin lebar, sehingga membuat lorongnya sempit.

Yohan Wahyudi, Marketin Rimba Kencana yang membuat bangku bus Hai mengatakan, perusahaan bus terutama antar kota saat ini kerap memesan bangku yang lebar walaupun memang harus mengorbankan lorong.

Baca juga: DAMRI Operasikan Bus AKDP Banyuwangi - Surabaya, Tarif Mulai Rp 50.000

Kabin bus PO PMHDOK. LAKSANABUS Kabin bus PO PMH

“Untuk kenyamanan penumpang yang pasti, makanya pesan yang lebih lebar. Bangku yang lebar ini juga tentunya nyaman terutama untuk penumpang yang ukurannya besar,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Yohan mengatakan, semenjak pandemi, rata-rata perusahaan bus memesan bangku yang lebar, demi meningkatkan kenyamanan penumpang. Selain itu, jika melakukan perjalanan panjang, penumpang jarang pergi dari bangkunya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota yang Dapat Insentif PPnBM

Penumpang cenderung istirahat, tidur, atau diam, menikmati bangkunya,” kata Yohan.

Sedangkan untuk bus-bus pariwisata, rata-rata ukuran bangkunya sedikit lebih kecil. Dengan begitu, kabin bus bisa dimuat lebih banyak bangku dan penumpang bisa leluasa berjalan di tengah-tengah kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.