Bus Pakai Lampu Modifikasi, Garansi Bisa Hangus

Kompas.com - 24/02/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi lampu depan kendaraan tidak hanya ditemui pada mobil kecil, tapi bus juga mulai marak melakukannya. Lampu depan bus yang bawaan karoseri dimodifikasi sehingga sesuai dengan keinginan pemilik armada.

Modifikasi yang dilakukan pun cukup beragam, mulai dari hanya bermain warna sampai menggunakan proyektor. Tentu saja, modifikasi pada lampu ini membuat tampilan bus berubah, bisa jadi lebih elegan atau bahkan sporty.

Tapi, apakah melakukan modifikasi pada bus terutama di bagian lampu bisa menghilangkan garansi?

Baca juga: Bus Baru PO Garuda Mas, Bodi Legacy SR2 HD Prime dengan Muka Panorama

Bus AKAP baru PO BorlindoINSTAGRAM/UNCLE_DAMEN Bus AKAP baru PO Borlindo

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, modifikasi pada komponen lampu depan, tentunya akan menghanguskan garansi kelistrikan yang diberikan karoseri saat bus baru selesai dibuat.

“Ya kalau ada perubahan kelistrikan atau penambahan komponen yang tidak sesuai dengan standar pabrik, maka garansi otomatis hangus,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Modifikasi lampu yang dilakukan bisa menambah beban kelistrikan, sehingga menambah potensi terjadinya kebakaran. Kabel yang ada di sistem kelistrikan bus sudah punya batas daya, begitu juga converter dan inverter.

Baca juga: Sopir Truk Protes Aturan ODOL, Ini Respons Kemenhub

“Kalau bebannya overload, ya bisa kebakar atau sekering putus. Kita secara karoseri kan sudah ada perhitungan muatan dan daya,” kata dia.

Selain itu, Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, melakukan modifikasi pada lampu, bisa memengaruhi usia pakai dari komponen yang ada.

“Kalau ganti bohlam, khawatir mika meleleh. Kemudian lampu dari pabrik sudah melewati tes durability material dan lampunya. Kemudian dites juga kekedapan terhadap air,” ucap Deddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.