Siap-siap, Tarif 12 Ruas Tol Ini Akan Naik

Kompas.com - 24/02/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Total 12 ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif di sepanjang kuartal pertama tahun ini, termasuk Tol Dalam Kota.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, sosialisasi penyesuaian tarif tol pada kedua belas ruas tersebut dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Sosialisasi mengenai penyesuaian tarif tol dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Jalan Tol selaku pengelola ruas tol tersebut dalam waktu 2 minggu sebelum penetapan waktu penyesuaian tarif,” ucap Danang dikutip dari keterangan resmi belum lama ini.

Baca juga: Bisakah Teknik Engine Brake Dilakukan pada Mobil Matik?

Sementara itu, Humas BPJT, Amanda Dimas menjelaskan, penyesuaian tarif Jalan Tol sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Hal ini persisnya dijelaskan pada Pasal 48 ayat 3 yang menyebutkan bahwa Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.

Penyesuaian tarif tol juga dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif, menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia, serta menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol,” ucap Dimas.

Baca juga: Sepatu Jadi Aksesoris Wajib Buat Pengendara Motor

Berikut daftar 12 ruas jalan tol yang mengalami penyesuaian tarif.

Tol Dalam Kota
Nusa Dua -Ngurah Rai - Benoa
Kunciran - Serpong
Jakarta - Bogor - Ciawi
Surabaya - Mojokerto
Cikampek - Palimanan
Cinere - Jagorawi Seksi 1&2
Pondok Aren - Serpong
Gempol - Pandaan (IC Gempol - IC Pandaan - Pandaan)
Jalan Tol Tangerang - Merak
Jalan Tol Soreang - Pasir Koja
Jalan Tol Pandaan - Malang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.