Sepatu Jadi Aksesoris Wajib Buat Pengendara Motor

Kompas.com - 23/02/2022, 19:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengendarakan motor, pemilihan alas kaki terkesan sepele dan tidak berpengaruh terhadap kelancaran berkendara.

Padahal, pemilihan alas kaki yang baik juga berperan terhadap keamanan dan keselamatan selama mengendarakan motor.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, menjelaskan bahwa hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih alas kaki untuk berkendara ialah faktor keselamatan dan juga faktor kenyamanan.

Baca juga: Lepas Alas Kaki Saat Berkendara Motor Waktu Hujan, Berbahaya

"Jadi, jika menggunakan sepatu juga harus disesuaikan dengan fungsinya. Misal, ketika berkendara, maka sepatu yang disarankan adalah sepatu riding atau ada bagian haknya sedikit agar tidak licin di foot step motor," jelas Agus pada Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Sepatu riding didesain khusus untuk berkendara motor. Alasnya tidak licin, dan bentuknya menutupi kaki hingga bagian mata kaki. Jika terjadi kecelakaan, dan bagian mata kaki mengalami cedera, bisa lama masa penyembuhannya.

Sepatu untuk riding ini disarankan untuk digunakan oleh pengendara motor transmisi manual. Bentuknya menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara, misalnya untuk mengganti gigi dan mengoperasikan rem kaki, agar tidak slip atau licin.

First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).Foto: AHM First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

"Atau, bisa juga menggunakan sepatu kets jika menggunakan motor matik," jelas Agus.

Hal yang paling penting adalah alas kaki saat berkendara motor harus menutup bagian mata kaki, antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Aki Mobil Mesin Diesel dan Bensin Berbeda

Selain aman, sepatu yang sesuai juga pastinya akan memberi kenyamanan lebih untuk pengendara, ketimbang berkendara menggunakan alas kaki yang terbuka, seperti sandal jepit.

"Dalam menggunakan riding gear saat berkendara, yang perlu diperhatikan selain faktor keselamatan adalah faktor kenyamanan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.